Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Religi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV MI Muhammadiyah Wonorejo Pati Tahun Ajaran 2020/2021

Dewi, Renita Sinta (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Religi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV MI Muhammadiyah Wonorejo Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (499kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (730kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (742kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran komik religi di MI Muhammadiyah Wonorejo Pati dan untuk pengaruh penggunaan media komik religi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IV MI Muhammadiyah Wonorejo Pati tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil populasi seluruh siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Wonorejo Pati. Karena jumlah populasi yang relatif kecil yaitu 18 siswa, maka peneliti mengambil seluruh populasi siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Wonorejo Pati untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan sudah diuji cobakan kepada 25 anak nonresponden dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas rhitung < rtabel (0,396). Serta hasil uji reliabilitas memiliki nilai Cronbach Alpha ≥ r_tabel (0,60). Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa nilai keseluruhan dari hasil pretest diperoleh skor sebesar 960 dengan skor tertinggi 90 dan skor terendah 30 serta memiliki nilai rata-rata (mean) sebesar 53,33. Sedangkan nilai keseluruhan dari hasil posttest peserta didik diperoleh skor sebesar 1365 dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 55 serta memiliki nilai rata-rata (mean) sebesar 75,83. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran komik religi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI memperoleh nilai F_hitung sebesar 91,954 dengan F_tabel sebesar 4,49. Hal ini berarti bahwa F_hitung > F_tabel (91,954 > 4,49). Selain itu, diketahui bahwa nilai signifikasi yaitu 0,000, yang artinya nilai signifikasi < probabilitas 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa "H" _∂ diterima dan "H" _"0" ditolak. Adapun besarnya nilai korelasi antara variabel media pembelajaran komik religi dengan variabel hasil belajar siswa yaitu 0,923. Pada output koefisien determinasi (R Square) menunjukkan bahwa nilai koefisiennya yaitu 0,852. Hal ini mengandung pengertian bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran komik religi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IV di MI Muhammadiyah Wonorejo Pati adalah sebesar 85,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komik Religi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:30
Last Modified: 21 Mar 2022 02:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6876

Actions (login required)

View Item View Item