Implementasi Model Blended Learning Kelas V Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Manahijul Huda Ngagel Pati Tahun Pelajaran 2021

Munawaroh, Siti (2022) Implementasi Model Blended Learning Kelas V Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Manahijul Huda Ngagel Pati Tahun Pelajaran 2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (670kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (803kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan implementasi model blended learning kelas V pada masa pandemi covid-19 di MI Manahijul Huda Ngagel Pati tahun pelajaran 2010/2021? 2) Mendiskripsikan kendala serta solusi implementasi model blended learning kelas V pada masa pandemic covid-19 di MI Manahijul Huda Ngagel Pati tahun pelajaran 2020/2021? Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua. Pertama, sumber primer meliputi kepala madrasah, pendidik kelas V, peserta didik kelas V dan orang tua. Kedua, sumber data sekunder diperoleh jurnal dan dokumen terkait pembelajaran blended. Pengumpulan data dengan cara wawancara peneliti melakukan wawancra terhadap pihak yang terkait yaitu kepala madrasah, pendidik kelas V, peserta didik, orangtua, observasi dilakukan secara partisipasi pasif, dan dokumentasi. Adapun keabsahan data menggunakakn uji kredibilitas dengan teknik trianggulasi. Analisis data peneliti menggunakan tig acara yaitu, redaksi data, penyajian data, dan verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model blended learning kelas V pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Manahijul Huda Ngagel dapat berjalan dengan baik. Proses pembelajaran online dan offline kelas V dibagi menjadi dua kelompok, jadwal pembelajaran tiga kali pertemuan pembelajaran online, dan tiga kali pembelajaran offline. Penyampaian materi pembelajaran dilakukan dengan media aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran online dengan group whatsapp mengupload video atau file pembelajaran, untuk offline belajar dilakukan di dalam kelas seperti pada umumnya 2) Kendala dalam pembelajaran online terlihat pada kurangnya perhatian orangtua dalam mendampingi belajar peserta didik di rumah, solusi yang digunakan dengan melakukan pendekatan terhadap orangtua agar lebih memperhatikan serta mendampingi anak semasa belajar dari rumah. Adapun kendala pada pembelajaran offline pendidik harus menyesuaikan metode pembelajaran berdasarkan karakter peserta didik yang berbeda-beda. Solusinya pendidik harus memahami setiap karakter peserta didik serta menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Blended Learning, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:56
Last Modified: 24 Mar 2022 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6905

Actions (login required)

View Item View Item