IMPLEMENTASI CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DALAM MENGEMBANGKAN PENGALAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nafisah, Wardatun (2017) IMPLEMENTASI CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DALAM MENGEMBANGKAN PENGALAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2.ABSTRAK1 WARDATUN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4.BAB I 15 DES.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5.BAB II 15 DES.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6.BAB III 15 DES.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7.BAB IV 15 DES.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8.BAB V 15 DES.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKAA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) Mengetahui alasan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016 menggunakan culturally Responsive teaching, (2) Implementasi culturally Responsive teaching dalam mengembangkan pengalaman belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, (3) Data hasil implementasi culturally Responsive teaching dalam mengembangkan pengalaman belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Di sini peneliti mengambil lokasi di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan deskriptif naturalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Alasan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits menggunakan culturally Responsive teaching di MTs NU Ibtidaul Falah yaitu Pertama, adanya kebijakan dari kepala madrasah dalam memilih dan menggunakan pendekatan, strategi maupun metode dalam proses pembelajaran. Kedua, memudahkan guru memahami secara personal siswa baik dari kemampuan maupun latar belakang pengalaman siswa sehingga mengetahui strategi apa yang sesuai. Ketiga, culturally Responsive teaching merupakan salah satu pendekatan berpusat pada siswa yang didukung dengan strategi pembelajaran kooperatif, menjadikan siswa aktif di dalam kelas .2) Implementasi culturally Responsive teaching dalam mengembangkan pengalaman belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah diawali dengan perencaan (pembuatan silabus, prota, promes dan RPP), pelaksaannya dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif, evaluasi yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar dari aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (ketrampilan) .3) hasil implementasi culturally Responsive teaching dalam mengembangkan pengalaman belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits antara lain, terbukti semua kelas VIII khususnya kelas VIII A nilainya melebihi KKM, siswa semakin aktif seperti bertanya, bekerja sama di dalam kelompok, dan bisa mempraktekkan (membaca, melafalkan dan menghafal) ayat Al-Qur’an maupun Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Culturally Responsive Teaching; Pengalaman Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Feb 2017 02:20
Last Modified: 19 Feb 2017 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item