Ta'tsir Namudzaj At Ta'lim Make A-Match Li Tarqiyat Maharat Al Kalam Fi Ta'lim Al Lughat Al Arabiyyah Lada Thullab Asshif Al tsamin Fi Al Madrasat Al Mutawassithat Al Islamiyah Nahdlatul Ulama' "Nurul Huda" Kedung Dowo Kaliwungu Kudus Al-'Am Addirosi 2020/2021

Sholichus Shobah, Muchammad (2021) Ta'tsir Namudzaj At Ta'lim Make A-Match Li Tarqiyat Maharat Al Kalam Fi Ta'lim Al Lughat Al Arabiyyah Lada Thullab Asshif Al tsamin Fi Al Madrasat Al Mutawassithat Al Islamiyah Nahdlatul Ulama' "Nurul Huda" Kedung Dowo Kaliwungu Kudus Al-'Am Addirosi 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (467kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (827kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (865kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (876kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (897kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (677kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran “Make A Match” dalam meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII di MTs NU Nurul Huda. Penelitian yang digunakan peneliti termasuk penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Penulis melakukan penelitian ini di MTs NU Nurul Huda dengan jumlah populasi 265. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen angket (kuesioner). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap peningkatan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs NU Nurul Huda Kedungdowo Kaliwungu Kudus sangat diapresiasi, karena hasil yang disebutkan di atas, nilai rata-rata kuesioner adalah 56,591 dari rentang nilai 53-60. 2) Dan untuk tingkat kemampuan berbicara di MTs NU Nurul Huda nilai rata-rata angket 54,503 dari rentang nilai 53-60 hasilnya diterima. Ini diketahui dari nilai tertinggi yang didapat siswa. 3) Data statistik menunjukkan bahwa model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan keterampilan membaca berkorelasi positif dengan dibuktikan bahwa nilai Fh dihitung dari kuesioner 8,878. Nilai tersebut didapat dari nilai Ft tabel, baik pada taraf sin 5% = 06,3 maupun pada taraf sin 1% = 12,6, maka Ha diterima dan Ho ditolak. 4) Pengaruh model pembelajaran Make A Match dalam bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs NU Nurul Huda dapat dilihat dari persamaan regresi X + Y = 40,917 + 0,240, didapat nilai korelasi dengan taraf kesalahan 5% sebesar 8,878. Dari perhitungan tersebut maka koefisien korelasi merupakan korelasi positif dari nilai angket rate 0,057 lebih besar dari nilai koefisien korelasi tabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make A Match, Keterampilan Berbicara
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2022 01:46
Last Modified: 10 May 2022 01:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6944

Actions (login required)

View Item View Item