Pelaksanaan Pembelajaran Daring Menggunakan Audio Visual pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di MI Negeri Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Ardianti, Fiki Fia (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Daring Menggunakan Audio Visual pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di MI Negeri Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (287kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (160kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (480kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan Audio Visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Negeri Kudus tahun pelajaran 2021/2022, 2) Pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan Audio Visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Negeri Kudus tahun pelajaran 2021/2022, 3) Kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan Audio Visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Negeri Kudus tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru mata pelajaran SKI kelas V, dan juga melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, perencanaan pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan Audio Visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Negeri Kudus yaitu perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP yang berbasis daring yang menjadi acuan dalam melaksanakan pembelajaran, kemudian menyiapkan poses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam secara daring menggunakan Audio Visual, dan menyiapkan penilaian dengan guru memberikan 2 tugas dan ulangan harian. Kedua, pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan Audio Visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Negeri Kudus yaitu pelaksanaan pembelajaran melalui WhatsApp Group kelas dengan guru memberikan salam serta sapaan kepada peserta didik, menyampaikan tujuan, menyampaikan materi dengan memberikan link video pembelajaran yang di upload di Youtube, guru membagikan tugas melalui Google From dan melalui WhatsApp. Ketiga, kelebihan dalam pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan Audio Visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Negeri Kudus yaitu adanya pendidik yang profesional, akses internet mudah, respon peserta didik baik, peserta didik aktif, kedisiplinan peserta didik baik. Sedangkan kekurangannya yaitu jaringan yang kurang stabil, terbatasnya ketersediaan HP, kurangnya perhatian peserta didik dalam pembelajaran, membutuhkan waktu lama, dan komunikasi satu arah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Audio Visual, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2022 02:19
Last Modified: 10 May 2022 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6949

Actions (login required)

View Item View Item