Nisa, Charisatun (2022) Analisis Kemampuan Membaca Al qur’an Anak Usia Dini Dengan Metode Yanbu’a di PAUD Islam Nurul Qur’an Ginggangtani, Gubug, Grobogan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (611kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (441kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (835kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (656kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (982kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (437kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (467kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan anak usia dini dalam membedakan huruf hijaiyah yang memiliki bentuk dan bunyi yang hampir sama yang mengakibatkan kesulitan anak dalam membaca al qur’an. Oleh karena itu metode yanbu’a diterapkan dalam pembelajaran membaca al qur’an di PAUD Islam Nurul Qur’an Untuk mengembangkan kemampuan anak dalam membaca dan memahami hukum tajwidnya sehingga perkembangan anak dalam membaca al quran semakin meningkat. Penelitian ini mencakup tentang proses pembelajaran membaca al qur’an di PAUD Islam Nurul Qur’an dan juga problematika yang timbul dalam proses pelaksanaan pembelajaran serta solusi yang dapat diambil guna mengatasa problematika yang terjadi di Paud Islam Nurul Qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran kemampuan membaca al qur’an dengan Metode Yanbua serta untuk mengetahui bagaimanakah cara mengatasi problematika yang terjadi dalam proses pembelajaran kemampuan membaca al qur’an dengan metode yanbu’a di PAUD Islam Nurul Qur’an Desa Ginggangtani Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi.sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan Uji kredibilitas data dengan cara Perpanjangan pengamatan, Meningkatkan ketekunan, dan Triangulas . Sedangkan untuk tekhnik yang digunakan untuk menganalisis data ialah dengan Pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan pembelajaran membaca al qur’an dengan metode yanbu’a pada setiap pertemuan yang diikuti 15 siswa dilakukan dengan langkah, guru membimbing dan menyampaikan materi dengan cara membaca sesuai dengan jilid yang kemudian ditirukan oleh siswa. Adapun pertemuan ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan dalam satu minggu dengan durasi 30 menit dalam setiap pertemuan. Dalam hal ini menunjukkan hasil peningkatan kemampuan anak. hal ini berdasarkan Pada indikator kemampuan membaca dengan metode yanbu’a jilid 4, 5, 6, dan 7 menunjukkan peningkatan dalam membaca al qur’an yang disesuaikan dengan ketartilan dalam membaca al qur’an, membaca makhrijul huruf dengan benar tanpa terbata-bata serta ketepatan hukum tajwidnya. Problematika yang terjadi di Paud Islam Nurul Qur’an terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses kegiatan belajar membaca al qur’an dengan metode yanbu'a yaitu Pertama faktor internal, yang berupa permasalahan perkembangan dan pengetahuan anak dikarenakan oleh tingkat kecerdasan dan pemahaman anak yang berbeda sehingga pola belajar anak juga tidak seimbang serta kemandirian anak yang masih kurang. Kedua adalah faktor ekternal yang berupa pengelolaan kelas dan metode mengajar yang masih minim dengan alat permainan edukatif sehingga belum mendukung tumbuh kembang anak lewat permainan serta fasilitas sarana-prasarana sekolah yang masih belum lengkap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Al Qur’an, Anak Usia Dini, Metode Yanbu’a |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 May 2022 02:59 |
Last Modified: | 11 May 2022 02:59 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6974 |
Actions (login required)
View Item |