Cahyaningsih, Dwi (2022) Implementasi Kisah Keteladanan Nabi Ulul Azmi Dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral di Kelompok B RA Al-Ma’rifah Koripandriyo Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (381kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (557kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (416kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (294kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) |
Abstract
Penelitan ini bertujuan mengetahui bagaimana implementasi kisah keteladanan Nabi Ulul Azmi dalam menanamkan nilai agama dan moral di kelompok B RA Al-Ma’rifah dan untuk mengetahui apa saja faktor penunjang dan penghambat implementasi kisah keteladanan Nabi Ulul Azmi dalam menanamkan niali agama dan moral. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu menghasilkan data dari wawancara, observasi, dan arsip yang selanjutnya dianalisis untuk menghasilkan teori.Penelitian ini dibatasi oleh waktu dan tempat, dan kasus.Dalam melengkapi data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Setelah data terkumpul kemudian menguji keabsahan data dengan uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (objektivitas).Serta menganalisis data dengan reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi kisah keteladanan Nabi Ulul Azmi dalam menanamkan nilai agama dan moral di kelompok B RA Al-Ma’rifah Koripandriyo Gabus Pati terlaksana dengan lancar melalui berbagai persiapan dan perencanaan. Pada pelaksanaan kegiatan untuk menanamkan nilai agama dan moral dalam kisah teladan Nabi Ulul Azmi guru memberi contoh/teladan, mengawasi perilaku melalui kegiatan rutin, spontan dan kegiatan keteladanan atau pembiasaan yang dilakukan setiap hari di sekolah. Nilai agama dan moral dapat diterapkan dengan baik. Pada saat pelaksaanaan kegiatan moral terdapat kegiatan yang disampaiakan tidak terlaksana yaitu berupa ajakan untuk menyayangi binatang. Pada evaluasi pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahap yaitu mencatat rekam saat pelaksanaan, pada akhir pembelajaran pendidik mengamati perilaku anak, pemberian bintang kebaikan kepada siswa. Hal yang menjadi faktor penunjang dan pengambat pelaksanaan pembelajaran kisah keteladanan Nabi Ulul Azmi antara lain pendidik yang professional serta keterbatasan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kisah Teladan Nabi Ulul Azmi, Nilai Agama dan Nilai Moral |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 May 2022 01:52 |
Last Modified: | 17 May 2022 01:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6993 |
Actions (login required)
View Item |