Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Nauvalin, Rifda (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (525kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (459kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (635kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (984kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (844kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (522kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas strategi pembelajaran inkuiri dan tingkat kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam serta mengetahui adanya pengaruh yang positif dan signifikan strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MA NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dala penelitian ini adala siswa kelas XI dengan jumlah siswa 112 sedangkan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah siswa kelas XI A 38. Dan metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumen. Angket terdiri 10 pernyataan dengan menggunakan indikator sesuai variabel penelitian. Uji reliabilitas instrumen strategi pembelajaran inkuiri dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan uji statistik Cronbach Alpha (>0,60). Data di uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov Test dan uji lieritasnya menggunakan Scatter Plot (garis lurus), serta analisis uji hipotesis menggunakn persamaan regresi linier sederhana. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai maen strategi pembelajaran inkuiri kecenderungan siswa sebesar 44,7% berada di kategori kualitas sedang (25,3 ≤ X < 31,7) dan nilai mean kemampuan berikir kritis siswa sebesar 57,89% dalam kategori tingkat sedang (26,3 ≤ X < 32,7). Hasil pengujian hipotesis nilai nilai rhitung sebesar 0,921 sedangkan nilai rtabel dengan N= 38 dan derajat signifikasi sebesar 5% adalah 0,320. Jadi rhitung > rtabel, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2022 02:58
Last Modified: 17 May 2022 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6997

Actions (login required)

View Item View Item