Kreativitas Guru PAI Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Online di MA NU Miftahul Falah Pada Masa Pandemi Covid-19

Faiz, Shofiyul Jundil (2022) Kreativitas Guru PAI Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Online di MA NU Miftahul Falah Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (787kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (908kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran online. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran online. 3) Untuk mengetahui bagaimana dampak kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran online Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa MA NU Miftahul Falah. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kreativitas guru PAI di MA NU Miftahul Falah dalam menggunakan media sosial dalam pembelajaran online yaitu guru PAI tersebut mencari meme yang terkait dengan pelajaran, kemudian meme tersebut di bagikan kedalam grup-grup whatshap kelas. Selanjutnya guru menyuruh para siswa untuk mendeskripsikan apa yang tergambar dan tertulis dari meme tersebut. Sedangkan faktor pendukung kreativitas guru PAI, Pertama, Suport atau dukungan dari pihak sekolah. Kedua, Fasilitas dari pihak sekolah. Ketiga, Dari diri sendiri para siswa. Faktor Penghambat kreativitas guru PAI, Pertama, Sinyal internet buruk Kedua, Keterbatasan waktu pembelajaran Ketiga, Guru dan Keempat, Siswa. Dampak yang ditimbulkan dari kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran online. Dampak positif yang timbul akibat kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran online yaitu para siswa masih bisa dapat menerima materi dan tugas pelajaran yang di sampaikan oleh guru, meskipun proses belajarnya tidak tatap muka, yaitu belajar secara online dari rumah melalui media sosial berupa google classroom, whatsapp, dan youtube. Dampak Negatif dengan adanya kebijakan untuk belajar dirumah, para siswa menjadi tidak mengenal begitu akrab dengan teman-temannya satu kelas, dan dengan adanya belajar secara online dari rumah para siswa kebanyakan menjadi kesulitan memahami materi yang di berikan oleh guru. Hal tersebutkan yang menjadikan dampak negatif dari kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas, Media Pembelajaran Online, Covid 19
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 20 May 2022 07:03
Last Modified: 20 May 2022 07:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7036

Actions (login required)

View Item View Item