Hubungan Efikasi Diri (Self Efficacy) Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fikih di MA Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara

Ni’mah, Kholifatun (2022) Hubungan Efikasi Diri (Self Efficacy) Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fikih di MA Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (396kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (556kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan komponen penting dalam pendidikan. Salah satu indikator sebagai tolak ukur keberhasilan dari suatu pembelajaran ialah ketercapaian hasil belajar siswa. Akan tetapi permasalahan yang ada di Indonesia, pencapaian hasil belajar siswa tergolong masih dalam kategori rendah. Hal tersebut berdasarkan data dan hasil riset PISA yang memaparkan bahwa capaian Indonesia berada pada kategori low performance dengan high equity. Rendahnya pencapaian hasil belajar tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya efikasi diri. Efikasi diri merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam mengontrol pikiran, perasaan dan perilaku. Keyakinan tersebut berkaitan dengan kemampuan dan kesanggupannya untuk mencapai target hasil dan menyelesaikan tugas belajar dengan waktu yang ditentukan. Efikasi diri mengarahkan seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran dan memperoleh hasil belajar yang baik. Tingkat efikasi diri (self efficacy) memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri (self efficacy) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MA Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menekankan penggalian data secara langsung di lapangan. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara yang berjumlah 50 siswa dengan teknik pengambilan sampel jenuh, yakni seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis statistik untuk menganalisis data hasil penelitian, yaitu menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat efikasi diri siswa kelas XI di MA Hasan Kafrawi dengan persentase 64% tergolong sedang; 2) Tingkat hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Fikih di MA Hasan Kafrawi dengan persentase 66% tergolong baik; 3) Terdapat hubungan yang positif efikasi diri dengan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 39,242 dengan nilai Sig. (2-tailed) antara efikasi diri dengan hasil belajar siswa sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,450, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh efikasi diri sebesar 45%. Adapun 55% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Hasil Belajar, dan Mata Pelajaran Fikih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 May 2022 01:54
Last Modified: 30 May 2022 01:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7104

Actions (login required)

View Item View Item