Implementasi Hidden Curriculum dalam Pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII SMPLB Di SLBN Cendono Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Zuhdi, Muhammad (2022) Implementasi Hidden Curriculum dalam Pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII SMPLB Di SLBN Cendono Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak (pdf).pdf

Download (558kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (372kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (869kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (495kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi hidden curriculum dalam pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII SMPLB di SLBN Cendono Kudus dengan sub fokus penelitian meliputi: (1) Implementasi, (2) Efektivitas hidden curriculum dalam pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Tunagrahita Ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SLBN Cendono Kudus. Adapun pengambilan sampling informan menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 6 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakabid kurikulum, wakabid kesiswaan, guru kelas, guru PAI dan siswa tunagrahita ringan kelas VII. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisi pada penelitian ini mengunakan analisis dengan model Milles dan Huberman yaitu analisis yang dilakukan secara interaktif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Analisis pada penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan efektivitas hidden curriculum dalam pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII SMPLB di SLBN Cendono Kudus Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi hidden curriculum dalam pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII SMPLB di SLBN Cendono Kudus yakni membiasakan berdo’a dan membaca asmaul husna sebelum pelajaran di mulai, membiasakan mengucapkan salam dan berjabat tangan (budaya mushafahah), dan shalat dzuhur berjamaah; (2) Efektivitas hidden curriculum dalam pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII SMPLB di SLBN Cendono Kudus yaitu kegiatan dari implementasi ini berjalan dengan baik dan efektif serta memberi dampak yang positif bagi peserta didik khususnya siswa tunagrahita ringan sehingga mereka menjadi lebih taat, sopan, dan disiplin dalam mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah khususnya kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hidden Curriculum, Perilaku Keagamaan, Tunagrahita Ringan.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:55
Last Modified: 08 Jun 2022 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7203

Actions (login required)

View Item View Item