Pengaruh Penerapan Model Pemelajaran Tandur (Quantum Teaching) TerhadapHasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadis Kelas VIII Di MTs. NU Miftahul Huda Tahun Ajaran 2021/2022

Yasin, Arif Nur Yasin (2022) Pengaruh Penerapan Model Pemelajaran Tandur (Quantum Teaching) TerhadapHasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadis Kelas VIII Di MTs. NU Miftahul Huda Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (841kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (489kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (757kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (552kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (994kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (479kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui penerapan Model Pemelajaran Tandur (Quantum Teaching) pada mata pelajaran Qur’an hadis kelas VIII di MTs. NU Mifatahul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022, (2) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Qur’an hadis kelas VIII di MTs. NU Mifatahul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tandur (Quantum teaching) terhadap hasil belajar kognitif belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an hadis kelas VIII di MTs. NU Mifatahul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pendekatan kuntitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. NU Mifatahul Huda dengan jumlah 73 siswa, kemudian peneliti ambil sampel secara random sampling dengan taraf kesalahan 10% yaitu 42 peserta didik. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu : tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi Product Moment. Dalam penelitian ini ditemukan : (1) Penerapan model pembelajaran Tandur (Quantum teaching) pada mata pelajaran Qur’an hadis kelas VIII di MTs. NU Mifatahul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022 telah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran Tandur (Quantum teaching). Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata penerapan model pembelajaran Tandur (Quantum teaching) sebesar 59,166 dengan kategori baik pada kelas interval 57,52 – 61,27. (2) Hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Qur’an hadis kelas VIII di MTs. NU Mifatahul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022 tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya rata-rata sebesar 86,666 atau dapat dibulatkan menjadi 87. Adapun untuk kelas intervalnya berada di nilai (86,52 – 93.77) dengan kategori baik pada interval tersebut. (3) Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Tandur (Quantum teaching) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Qur’an hadis kelas VIII di MTs. NU Mifatahul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022, dengan persamaan regresi Ŷ = = 0,557 + 1,455 X, dalam penerapan model pembelajaran Tandur (Quantum teaching) ini memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,525 yang termasuk dalam kategori sedang dan dapat memberi kontribusi bagi peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Qur’an hadis kelas VIII sebesar 27,56%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Tandur (Quantum teaching), Hasil Belajar Kognitif, dan Qur’an hadis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:50
Last Modified: 10 Jun 2022 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7214

Actions (login required)

View Item View Item