Efektivitas Peran Edukatif Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Daring PAI (Studi Kasus Pada Wali Murid Di Desa Kutuk Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun 2021)

Rahayu, Puji (2022) Efektivitas Peran Edukatif Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Daring PAI (Studi Kasus Pada Wali Murid Di Desa Kutuk Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun 2021). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. abstrack.pdf

Download (519kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (785kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan praktik peran edukatif orang tua dalam mendampingi anak belajar daring PAI, mengetahui faktor penghambat serta faktor pendukung yang dialami orang tua dalam mendampingi anak belajar daring PAI dalam masa pandemi covid-19 serta mengetahui efektivitas peran edukatif orang tua dalam mendampingi anak belajar daring PAI dalam masa pandemi covid-19 di Desa Kutuk Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Subjek penelitian tesis ini adalah kepala desa, peseerta didik dan orang tua peserta didik jenjang SMP sebanyak 38 orang di Desa Kutuk Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: praktik peran edukatif orang tua dalam mendampingi anak belajar daring ada 10 kegiatan, meliputi : pemberian contoh dan perintah untuk mencontoh, pembiasaan gaya belajar, pemberian penjelasan materi pelajaran, pemberian dorongan, pemberian perintah dan larangan, pemberian waktu untuk berdiskusi, pemberian tugas dan tanggung jawab, pemberian bimbingan dan penyuluhan, penciptaan situasi yang kondusif, pengawasan dan pengecekan Faktor yang menghambat dalam mendampingi anak belajar online antara lain: latar belakang pendidikan orang tua yang rendah, pekerjaan orang tua yang rendah, tingkat ekonomi yang menengah kebawah akan lebih cenderung kurang bisa memenuhi fasilitas anak, kurangnya waktu yang tersedia buat anak. Adapun faktor pendukung yang dialami orang tua meliputi: pendidikan orang tua yang tinggi sehingga mempunyai bekal ilmu pengetahuan dalam mendidik anak, orang tua yang pekerjaannya tinggi, tingkat ekonomi orang tua menengah keatas bisa dengan mudah mencukupi fasilitas pembelajaran anak, serta banyak waktu yang tersedia orang tua Peran edukatif orang tua dalam mendampingi anak belajar daring PAI di Desa Kutuk dilaksanakan orang tua dengan menggunakan metode bermain, diskusi, dan tanya jawab. Dengan pendampingan orang tua, anak-anak termotivasi dan hati mereka tersentuh karena cinta orang tua mereka untuk anak-anak mereka selalu ada. Anak yang didampingi orang tua dalam pembelajaran daring akan dapat memperoleh pencapaian hasil pendidikan yang lebih baik. Bisa menjaga niat belajar anak karena pengaruh lingkungan. Anak menjadi lebih disiplin dalam segala hal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Edukatif, Pendampingan Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:27
Last Modified: 14 Jun 2022 02:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7220

Actions (login required)

View Item View Item