Amin, Muhammad (2022) Evaluasi Program Kegiatan Pembiasaan dalam Menumbuhkan Akhlak Pada Era New Normal di MTs. Miftahul Huda, Tayu Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
Cover-Kata pengantar.pdf Download (853kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (207kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (222kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (382kB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (656kB) |
|
Text
Bab III.pdf Download (378kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Download (546kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (277kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (362kB) |
Abstract
Penelitian tesis ini berfokus pada program pembiasaan keteladanan, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi program pembiasaan keteladanan pada era new normal, upaya yang dilakukan pihak madrasah dalam melaksanakan program tersebut selama era new normal, dan mengukur efektivitas program pembiasaan keteladanan pada era new normal di MTs. Miftahul Huda, Tayu Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan skema penelitian model evaluatif yang menggunakan studi wawancara terstruktur berdasarkan acuan kriteria tujuan program, wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 dewan guru terdiri dari Kepala Madrasah, koordinator program pembiasaan dan wakil kepala bagian kesiswaan, beserta 4 orang siswa. Selain itu, terdapat 72 responden yang bersedia mengisi angket yang digunakan untuk mengukur efektivitas program pembiasaan yang terdiri dari 31 siswa laki-laki dan 41 siswa perempuan, angket tersebut dikembangkan berdasarkan acuan kriteria pencapaian tujuan program yang disebar melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis yang dikembangkan oleh Miles and Huberman, serta analisis model evaluasi kesenjangan yang dikembangkan oleh Malcom Provous. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertama, implementasi program pembiasaan keteladanan dilakukan dengan tiga fase yaitu: fase pandemi Covid-19, fase era new normal dan fase menuju normal. Kedua, upaya yang dilakukan oleh pihak madrasah dalam menjalankan program tersebut terkait dengan fungsi manajemen yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Terdapat perbedaan selam era normal dan new normal seperti: koordinasi yang dilakukan untuk merencanakan program secara online, pelaksanaan program yang tetap mematuhi prokes ketat, tidak bersalaman dengan menyentuh tangan, menjadi teladan dalam berpakaian muslim dan muslimah, menerapkan etika yang baik dalam menjalankan prokes, serta disiplin dalam pemberangkatan secara bergilir. Ketiga, berdasarkan evaluasi yang dilakukan menggunakan model kesenjangan dapat disimpulkan bahwa program pembiasaan keteladanan efektif dilakukan selama era new normal, sehingga program tersebut dapat dilanjutkan, namun dalam pelaksanaannya tetap harus mematuhi prokes ketat agar tidak membahayakan warga madrasah dari penyebaran Covid-19.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Program, Program Kegiatan Pembiasaan, Akhlak |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 02:21 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 02:21 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7229 |
Actions (login required)
View Item |