Pengembangan Modul IPA Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Untuk siswa SMP/ MTs Materi Pencemaran Air

Wulandari, Nusroh (2022) Pengembangan Modul IPA Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Untuk siswa SMP/ MTs Materi Pencemaran Air. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (796kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (626kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (471kB)

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan salah satu disiplin ilmu yang memberikan pengalaman belajar untuk berpikir kreatif dalam diri siswa. Kemampuan berpikir kreatif memiliki peranan penting bagi siswa di era persaingan global sebab tingkat kompleksitas permasalahan dalam segala aspek kehidupan modern semakin tinggi. Salah satu upaya untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah melalui model pembelajaran CPS yang menunjang pembelajaran siswa yang mampu mengembangkan kemampuan berikir kreatif dalam pemecahan masalah. Terdapat enam langkah pembelajaran dalam model pembelajaran CPS yang telah diperbarui yaitu, mess finding, fact finding, problem finding, idea finding, solution finding, accetance finding. Bahan ajar merupakan bagian penting pada proses pembelajaran dalam membangkitkan motivasi belajar siswa dan mendukung keberhasilan pencapaian tujuan belajar. Modul merupakan bahan ajar berbasis cetakan yang berisi satu topik atau satu unit materi pembelajaran dengan waktu belajar untuk satu minggu yang berfungsi sebagai media belajar mandiri tanpa terpusat oleh bimbingan guru. Kurang optimalnya pengembangan bahan ajar IPA yang empu melatih kemampuan pemecahan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta bahan ajar yang menunjang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan menjadi pusat dalam pembelajaran. Maka dari itu penting mengembangkan bahan ajar IPA berupa modul yang dapat mengembangkan kemamapuan berpikir kreatif siswa dan mampu menjadikan siswa aktif serta menjadi pusat dalam proses pembelajaran, yaitu denga cara megembangkan modul IPA berbasis CPS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembagkan oleh Thiagrajan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Data penelitian ini diperoleh dari hasil angket validasi ahli media, ahli materi serta respon siswa melalui uji coba kelas sebanyak 30 siswa kelas VII MTs Urwatil Wutsqo, Mayong. Hasil penilaian ahli media mendapatkan rata-rata 137 dengan kategori “Sangat baik”, dan penilaian ahli materi mendapatkan rerata 131 dengan kategori sangat baik. Dari hasil respon siswa didapatkan rerata 70,1 dengan kategori “Sangat baik”. Pembelajaran menggunakan juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbasis CPS Untuk siswa SMP/ MTs Materi Pencemaran Air layak digunakan dalam pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran dan mampu menembangkan kemampuan pemecahan masalah serta mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Modul, Creative Problem Solving (CPS)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:05
Last Modified: 26 Sep 2022 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7328

Actions (login required)

View Item View Item