Studi Kasus Implementasi Kurikulum Berbasis Kecerdasan Spiritual di Boarding School “Daarul Adzkiya’” MAN 2 Kudus

Saifuddin, Saifuddin (2022) Studi Kasus Implementasi Kurikulum Berbasis Kecerdasan Spiritual di Boarding School “Daarul Adzkiya’” MAN 2 Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (583kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (431kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (493kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (867kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (384kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna dan pengalaman dari pelaksanaan kurikulum berbasis kecerdaasn spiritual di Boarding School “Daarul Adzkiya” MAN 2 Kudus, mengekplorasi faktor-faktor pendukung dan penghambat untuk mendapatkan makna dan pengalaman dari pelaksanaan kurikulum berbasis kecerdasan spiritual dan mengetahui efektifitas pelaksanaan kurikulum berbasis kecerdasan spiritual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif kategori studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik nonprobability sampling yang penentuan informannya menggunakan teknik purposive sampling, meliputi Kepala Madrasah, Wakil kepala madrasah, pengasuh, peserta didik, alumni dan orang tua/wali peseta didik boarding. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Kurikulum berbasis kecerdasan spiritual di Boarding School “Daarul Adzkiya’” MAN 2 Kudus dilaksanaan melalui pembelajaran dan pembiasaan secara terjadwal dan dipantau secara penuh selama 24 jam. Kegiatan diawali dengan pembiasaan sholat tahajjud hingga membaca Alquran surah al Mulk secara bersama sebelum tidur. Strategi yang dilakukan berupa praktik langsung dan pembimbingan teman sebaya. Makna yang didapat dari pembelajaran dan pembiasaan diri adalah kemandirian dan rasa percaya diri. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis kecerdasan spiritual didukung dengan: a) Guru yang terlibat dalam pembelajaran linier dengan disiplin ilmu yang dimiliki dan bertanggung jawab pada tugasnya; b) Input peserta didik diseleksi menggunakan Tes Potensi Akademik; c) Boarding dilengkapi hardware dan software untuk mendukung pelaksanaan kurikulum. Adapun faktor-faktor yang menghambat di antaranya: a) lambatnya proses penyesuaian peserta didik baru yang belum pernah mengalami pembelajaran di boarding b) Jumlah pengasuh belum ideal: satu berbanding 40; (3) Kurikulum berbasis kecerdasan spiritual telah menghasilkan banyak prestasi di tingkat nasional bahkan intenasional yang diraih peserta didik dan banyak alumni boarding yang terserap di universitas negeri unggulan seperti di UGM, UNDIP, ITS, dan ITB.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Kecerdasan Spiritual, Boarding School
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:57
Last Modified: 28 Sep 2022 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7362

Actions (login required)

View Item View Item