Saifuddin, Saifuddin (2022) Studi Kasus Implementasi Kurikulum Berbasis Kecerdasan Spiritual di Boarding School “Daarul Adzkiya’” MAN 2 Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (583kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (431kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (490kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (731kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (493kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (867kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (384kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna dan pengalaman dari pelaksanaan kurikulum berbasis kecerdaasn spiritual di Boarding School “Daarul Adzkiya” MAN 2 Kudus, mengekplorasi faktor-faktor pendukung dan penghambat untuk mendapatkan makna dan pengalaman dari pelaksanaan kurikulum berbasis kecerdasan spiritual dan mengetahui efektifitas pelaksanaan kurikulum berbasis kecerdasan spiritual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif kategori studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik nonprobability sampling yang penentuan informannya menggunakan teknik purposive sampling, meliputi Kepala Madrasah, Wakil kepala madrasah, pengasuh, peserta didik, alumni dan orang tua/wali peseta didik boarding. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Kurikulum berbasis kecerdasan spiritual di Boarding School “Daarul Adzkiya’” MAN 2 Kudus dilaksanaan melalui pembelajaran dan pembiasaan secara terjadwal dan dipantau secara penuh selama 24 jam. Kegiatan diawali dengan pembiasaan sholat tahajjud hingga membaca Alquran surah al Mulk secara bersama sebelum tidur. Strategi yang dilakukan berupa praktik langsung dan pembimbingan teman sebaya. Makna yang didapat dari pembelajaran dan pembiasaan diri adalah kemandirian dan rasa percaya diri. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis kecerdasan spiritual didukung dengan: a) Guru yang terlibat dalam pembelajaran linier dengan disiplin ilmu yang dimiliki dan bertanggung jawab pada tugasnya; b) Input peserta didik diseleksi menggunakan Tes Potensi Akademik; c) Boarding dilengkapi hardware dan software untuk mendukung pelaksanaan kurikulum. Adapun faktor-faktor yang menghambat di antaranya: a) lambatnya proses penyesuaian peserta didik baru yang belum pernah mengalami pembelajaran di boarding b) Jumlah pengasuh belum ideal: satu berbanding 40; (3) Kurikulum berbasis kecerdasan spiritual telah menghasilkan banyak prestasi di tingkat nasional bahkan intenasional yang diraih peserta didik dan banyak alumni boarding yang terserap di universitas negeri unggulan seperti di UGM, UNDIP, ITS, dan ITB.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Kecerdasan Spiritual, Boarding School |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 01:57 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 01:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7362 |
Actions (login required)
View Item |