Analisis Metode Pembelajaran Islam Menurut Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah Pada Kitab Ar-Rasul Al-Muallim Wa Asalibuhu Fii At-Ta’lim Dalam Pendidikan Agama Islam

Syihab, Mohammad Alwi (2022) Analisis Metode Pembelajaran Islam Menurut Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah Pada Kitab Ar-Rasul Al-Muallim Wa Asalibuhu Fii At-Ta’lim Dalam Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (574kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (312kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (815kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (605kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (656kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (480kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (600kB)

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan: 1) Untuk Untuk mengetahui Metode Pembelajaran Islam menurut Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah dalam Kitab Ar-Rasul Al-Mu’allim Wa Asalibuhu Fii At-Ta’lim. 2) Untuk mengetahui Relevansi Metode Pembelajaran Islam menurut Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah dalam Kitab Ar-Rasul Al-Mu’allim Wa Asalibuhu Fii At-Ta’lim dalam Pendidikan agama Islam. Penelitian ini termasuk penelitian keperpustakaan (library research). Sumber utamanya berupa naskah, dokumen serta buku-buku yang berkaitan dsengan pokok permasalahan yaitu pertama, metode pendidikan Islam dalam kitab “ Ar-Rosul Al-Mu’alim Wa Asalibuhu Fii At-Ta’lim” Karya Abdul Fattah Abu Guddah. Kedua, relevansi metode pendidikan Islam karya Abdul Fattah Abu Guddah dalam pendidikan agama islam. Peneliti membacanya dan menelaahnya dari buku-buku bacaan, majalah, surat kabar dan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan skripsi ini. Dalam penelitian ini diketahui bahwa Pembelajaran yang diterapkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabat masih relevan dilakukan dalam pembelajaran agama Islam dimasa ini. Beberapa metode rasulullah dalam kitab ini antara lain: pertama, metode berdiskusi dan tanya jawab, kedua, metode berdiskusi dan bepikir logis. Ketiga, metode analogi dan perumpamaan. Keempat, metode nasihat dan peringatan. Kelima, metode kisah. Keenam, metode keteladanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Kitab Ar-Rosul Al-Mu’alim Wa Asalibuhu Fii At-Ta’lim, PAI
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:09
Last Modified: 28 Sep 2022 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7376

Actions (login required)

View Item View Item