Zamzami, Desya Nilal Hida (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) denga Pendekatan Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Shofa Marwah Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (399kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (396kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (322kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (147kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Pendekatan Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Shofa Marwah Jepara. Tujuan melaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan pendekatan open ended lebih baik dibandingkan hasil belajar dan respon siswa dikelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Terdapat dua rumusan masalah antara lain apakah hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan pendekatan open ended lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Rumusan masalah yang kedua adalah apakah respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan pendekatan open ended lebih baik daripada respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian nya adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Maret 2022 Sampai bulan April 2022 di MTs Shofa Marwah kecamatan Kedung, kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 jenis instrumen, yaitu soal tes dan kuesioner. 20 soal tes telah di siapkan. Setelah di validasi oleh para ahli, soal tes yang layak untuk di ujikan berjumlah 15 soal, sedangkan untuk kuesioner peneliti membuat 21 pernyataan. Setelah di validasi oleh para ahli, kuesioner yang layak di ujikan berjumlah 14 pernyataan. Selanjutnya instrumen ini di ujikan kepada kelas eksperimen dan kontrol. Populasi pada penelitian ini berjumlah 57 siswa yang di antara nya 29 siswa kelas VIII A dan 28 siswa kelas VIII B, dimana kelas VIII A adalah kelas eksperimen dan kelas VIII B adalah kelas kontrol. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel sampling jenuh, artinya populasi = sampel. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan uji t-test nilai kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 89,17 dan nilai rata-rata kelas kontrol 74,29. Kemudian nilai thitung angket juga menunjukkan lebih dari ttabel, dimana nilai thitung nya adalah 12,466 dan ttabel nya adalah 2,004. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar siswa dan respon siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan pendekatan open ended lebih baik daripada hasil belajar dan respon siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Bangun Ruang Sisi Datar, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 02:45 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 02:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7401 |
Actions (login required)
View Item |