Supriyanto, Achmad Fandy (2022) Eksperimen Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar dan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Pada Materi Statistika Kelas VII MTs Al-Alawiyah Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (390kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (659kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (460kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (360kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (274kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
Abstract
Penelitian ini bertuan untuk mengetahui prestasi belajar dan berpikrir kreatif peserta didik yang di ajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada prestasi belajar dan berpikir kreatif yang di ajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori materi Statistika kelas VII. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperiment) penelitian ini merupakan eksperimen yang memiliki treatments (perlakuan) dan ukuran dampak (outcome measures) oleh karena itu dalam penelitian ini ada dua kelompok, kelompok perlakuan atau kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan disebut kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share diperoleh rata-rata 7,03 dengan standar deviasi 1,26. Prestasi belajar yang diajar dengan pembelajaran Ekspositori diperoleh rata-rata 5,10 dengan standar deviasi 1,56. Hasil dari berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen memperoleh rata-rata 20,60 dengan standar deviasi 2,88. Sedangkan hasil dari penelitian berpikir kreatif matematis peserta didik memperoleh rata-rata 13,86 dengan standar deviasi 3,60. Hasil dari uji hipotesis untuk prestasi belajar menunjukkan F_hitung>F_tabelatau 3,808 > 2,776, maka H0 diterima dan Ha ditolak, dan hasil dari uji hipotesis berpikir kreatif menunjukkan F_hitung>F_tabelatau 3,808 > 2,776, maka H0 diterima dan Ha ditolak. dengan demikian dapat disimpulkan bahwaprestasi belajar dan berpikir kreatif matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada prestasi belajar dan berpikir kreatif matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori pada materi Statistika di kelas VII MTs Al-Alawiyah Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksperimen, Model Pembelajaran, Kooperatif tipe Think Pair Share, Ekspositori, Materi Statistika |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 03:08 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 03:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7402 |
Actions (login required)
View Item |