Pengaruh Pembelajaran Active Learning Dengan Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Sikap Toleransi Beragama Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas 4 di MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus

Marzuqoh, Kafa ‘Aini (2022) Pengaruh Pembelajaran Active Learning Dengan Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Sikap Toleransi Beragama Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas 4 di MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (870kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (634kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui seberapa tinggi sikap toleransi siswa mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PPKn. 2) Untuk mengetahui seberapa tinggi sikap toleransi siswa mengikuti pembelajaran active learning dengan menggunakan media pop-up book pada mata pelajaran PPKn. 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran active learning dengan penggunaanmmedia pembelajaran pop-uppbook terhadapmsikap toleransi siswappada mata pelajaranpPPKn. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian jenis penelitian Quasi Eksperiment Design (tipe semi eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan eksperimen di MI NU Baitul Mukminin dengan lingkup kelas IV. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t (Independent Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pengaruh strategi pembelajaran active learning dengan pengunaan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran PPKn termasuk dalam kategori sangat baik, hasil ini dapat dilihat dari hasil thitung sebesar 32,634. Artinya pembelajaran active learning dengan penggunaan media pembelajaran pop-up book sangat mempengaruhi sikap toleransi beragama pada mata pelajaran PPKn dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 85,25, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 66,07. Maka hipotesis yang peneliti ajukan benar-benar terdapat pengaruh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran active learning, media pembelajaran pop-up book, sikap toleransi beragama, Mata Pelajaran PPKn
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:20
Last Modified: 07 Oct 2022 03:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7455

Actions (login required)

View Item View Item