Manajemen Pembelajaran Tahfidz al-Quran di SMP Tahfidz Duta Aswaja Purworejo Bae Kudus

Wibowo, Rohmat Aji (2022) Manajemen Pembelajaran Tahfidz al-Quran di SMP Tahfidz Duta Aswaja Purworejo Bae Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (442kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (836kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (546kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)

Abstract

Saat ini pendidikan tahfidz sedang berkembang di Indonesia. Lembaga formal maupun non formal berlomba untuk mengembangkan pendidikan tahfidz mulai dari strategi, model pembelajaran, hingga manajemennya. Biasanya pembelajaran tahfidz dimasukkan dalam pelajaran muatan lokal madrasah yang notabenya sekolah berbasis keagamaan. Namun tidak seperti biasanya sekolah SMP Tahfidz Duta Aswaja Purworejo Bae Kudus ialah SMP sejak berdiri mempunya ciri khas tahfidz al-Quran. Karena itu menarik untuk diteliti bagaimana manajemen pembelajaran tahfidz al-Quran di SMP yang berbasis tahfidz ini. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran tahfidz di SMP Tahfidz Duta Aswaja Purworejo Bae Kudus. Kedua, bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidz di SMP Tahfidz Duta Aswaja Purworejo Bae Kudus. Ketiga, bagaimana evaluasi pembelajaran tahfidz al-Quran di SMP Tahfidz Duta Aswaja Purworejo Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah sumber data primer maupun sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan narasumber dan data sekunder berasal dari data berupa buku, jurnal, dan bahasan lain yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di SMP Tahfidz Duta Aswaja Purworejo Bae Kudus. Hasil dari penelitian ini, pertama perencanaan pembelajaran tahfidz di SMP Tahfidz Duta Aswaja dengan penyusunan RPP tahfidz sebagai acuan pembelajaran. Perencanaan yang disusun memuat (1) materi, (2) tujuan, (3) media, (4) metode, (5) pelaksanaan, (6) instrumen penilaian. Kedua, pelaksanaan pembelajaran tahfidz di SMP Tahfidz Duta Aswaja bedasarkan rumusan RPP yang dibagi menjadi tiga tahap, berupa pendahuluan, inti, serta penutup. Media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu al-Quran, metode yang digunakan yakni Jama’i dan Talaqqi. Ketiga, Evaluasi pembelajaran tahfidz di SMP Tahfidz Duta Aswaja dengan sistem setoran pada saat pembelajaran, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Evaluasi secara khusus tahfidz dengan kegiatan munaqasyah hafalan dalam 3 bulan sekali. Untuk evaluasi kegiatan pembelajaran tahfidz diadakan musyawarah guru (MGMP) pada tanggal 4 disetiap bulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:02
Last Modified: 11 Oct 2022 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7491

Actions (login required)

View Item View Item