Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Kedisiplinan Peserta Didik di SD 3 Garung Lor Kaliwungu Kudus

Maroh, Maulida Tsalis (2022) Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Kedisiplinan Peserta Didik di SD 3 Garung Lor Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (398kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (178kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (345kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (FieldResearch) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari peneliti adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya wawancara (dengan jumlah informan 3 yang terdiri dari Guru PAI dan 2 Peserta didik), observasi dan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan data pada upaya guru PAI dalam menanamkan karakter kedisiplinan peserta didik di SD 3 Garung Lor menggunakan uji kredibilitas dengan beberapa cara yaitu perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan beberapa referensi, serta mengadakan membercheck Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman guru PAI di SD 3 Garung Lor tentang karakter kedisiplinan. Karakter disiplin merupakan bagian dalam pendidikan karakter. Karakter kedisiplinan merupakan sikap dimana seseorang dikatakan taat, teratur, patuh, dan tertib dalam melaksanakan semua bentuk peraturan dan ketentuan dalam semua aspek kegiatan atau aktivitas. Maka kedisiplinan perlu ditanamkan kepada manusia secara konsisten setidaknya mulai sedini mungkin, sehingga perlu adanya pendidikan yang mampu menjembatani manusia agar berkarakter disiplin. Menanamkan karakter disiplin berarti melatih peserta didik untuk bersikap disiplin. Disiplin terhadap aturan, disiplin terhadap perintah, disiplin terhadap tanggung jawab, disiplin terhadap waktu. (2) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam menanamkan karakter kedisiplinan kepada peserta didik di SD 3 Garung Lor yaitu dengan menggunakan beberapa program dan metode. Program digunakan yaitu meliputi kartu hafalan, membaca Juz ‘Amma bersama sebelum pembelajaran PAI dimulai serta sholat dzuhur berjamaah. Sedangkan metode yang digunakan meliputi pemberian penghargaan atau hadiah, pemberian hukuman serta pembiasaan. Dengan melakukan pembiasaan maka untuk menanamkan karakter kedisiplinan pada peserta didik akan lebih mudah dan diterima. Dari yang awalnya dari tidak bisa menjadi bisa, bisa karena terbiasa dan untuk terbiasa perlu dan harus dibiasakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru PAI, Menanamkan, Karakter Kedisiplinan
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:27
Last Modified: 13 Oct 2022 02:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7518

Actions (login required)

View Item View Item