Implementasi Metode Everyone is a Teacher Here Terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Mansyaul Ulum 02 Luwungragi Bulakamba Brebes

Umamah, Ni’matul (2022) Implementasi Metode Everyone is a Teacher Here Terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Mansyaul Ulum 02 Luwungragi Bulakamba Brebes. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (685kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (383kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (494kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (339kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impelementasi, faktor pendukung dan faktor penghambat, serta keberhasilan implementasi metode everyone is a teacher here dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Mansyaul Ulum 02 Luwungragi Bulakamba Brebes. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan, karena peneliti datang langsung untuk melihat bagaimana proses implementasi metode everyone is a teacher here terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data mode Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi metode everyone is a teachere here terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Mansyaul Ulum 02 Luwungragi Bulakamba Brebes terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama yaitu membagikan kartu indeks yang akan diisi pertanyaan tanpa jawaban tentang materi yang sudah dipelajari. Tahap kedua, yaitu setelah membuat pertanyaan kemudian kartu dikumpulkan kembali dan mengacak kartu tersebut. Tahap ketiga, yaitu memanggil peserta didik untuk maju ke depan dan membaca pertanyaan dengan keras serta memberi jawaban atas pertanyaan tersebut. Tahap keempat, yaitu sisa pertanyaan yang belum dijawab akan dijelaskan oleh guru secara ringkas. Tahap kelima, yaitu tahap evaluasi, pada tahap ini guru memberikan penilaian kepada peserta didik atas penampilannya di depan kelas. 2) Faktor pendukung implementasi metode everyone is a teacher here terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik antara lain, yang pertama infastruktur yang mendukung yaitu ruang kelas yang memadai. Kedua, keterbukaan peserta didik. Ketiga, kebijakan sekolah yang mendukung yaitu kebebasan guru untuk menentukan menggunakan metode atau model pemberlajaran yang sesuai. Faktor penghambatnya yaitu beragamnya karakteristik serta kepribadian dan juga perbedaan kecerdasan peserta didik. 3) Keberhasilan implementasi metode everyone is a teacher here terhadap minat belajar peserta didik dalam permbelajaran tematik antara lain, pertama, peserta didik memiliki rasa senang dalam mengikuti pembelajaran. Kedua, peserta didik menjadi lebih aktif. Ketiga, peserta didik memiliki perhatian yang besar terhadap pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Everyone is a Teacher Here, Minat Belajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:54
Last Modified: 13 Oct 2022 02:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7525

Actions (login required)

View Item View Item