Chafiyya, Muqtashida Kanabi (2022) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pasca Daring Pada Siswa Kelas VI Di MI NU Miftahul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (622kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (581kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (600kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (886kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (753kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (625kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (619kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pasaca daring pada kelas VI di MI NU Miftahul Falah Dawe Kudus 2) Upaya orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pasaca daring pada kelas VI di MI NU Miftahul Falah Dawe Kudus 3) Faktor penghambat serta pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar pasaca daring pada kelas VI di MI NU Miftahul Falah Dawe Kudus. Pada penelitian ini,peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kulitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua. Pertama sumber primer meliputi guru kelas, orangtua dan siswa kelas IV. Kedua sumber data sekunder diperoleh jurnal dan dokumentasi terkait Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar. Pengumpulan data dengan cara wawancara terhadap pihak yang terkait yaitu guru kelas, orangtua, siswa kelas VI, observasi dilakukan secara partisipasi pasif, dan teknik trianggulasi. Analisis data peneliti menggunakan tiga cara yaitu redaksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, data disimpulkan bahwa: 1) Peran orang tua yang bekerja maupun tidak bekerja memiliki peran yang sama yaitu sebagai pembimbing, pengajar, dan fasilitator tetapi dengan cara yang berbeda dalam memberika perhatian, memberikan apresiasi, dan memberikan fasilitas. 2) Upaya orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pasca daring dengan memberikan nasihat, yang positif, menarik erhatian dengan cara bermain tebak-tebakan yang mengandung nilai, memebrikan apresiasi berupa pujian dan hadiah, mengntrol siswa dengan komunikasi secara intens, mengenal perkembangan siswa dengan mengamati tingkah dan keribadian siswa, dan memberikan sarana alat belajar, prasaranna tempat belajar. 3) Faktor penghambat dan pendukung orang tua bekerja dan tidak bekerja dalam dalam meningkatkan motivasi belajar adalah dari waktu belajar bersama, kepekaan yang dimiliki orang tua, fasilitas, dan lingkungan belajar yang dipilih orang tua untuk siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 02:57 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 02:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7526 |
Actions (login required)
View Item |