Analisis Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Respon Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di MA Nurul Ilmi Jepara

Yusuf, Muhammad Yasin (2022) Analisis Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Respon Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di MA Nurul Ilmi Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (487kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (926kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring di Indonesia dan diseluruh dunia secara total mulai dilaksanakan pada tahun 2020. Pemicu pelaksanaan pembelajaran ini adalah adanya permasalahan global berupa covid 19. Analisis penerapan pembelajaran daring terhadap respon belajar siswa diangaap penting karena siswa adalah salah satu komponen dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Pembelajaran daring akan memeberikan dampak terhadap respon belajar siswa baik positi atau negatif, diharapkan memberikan respon posif pada masalah kegiatan belajar siswa, sehingga bisa mencapai tujuan yang di inginkan. Berdasarkan hal itu penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan 1. Bagaimana model pembelajaran daring terhadap respon siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadis di MA Nurul Ilmi Jepara. 2. Bagaimana kendala penerapan pembelajaran daring terhadap respon siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadis di MA Nurul Ilmi Jepara. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi data (Verification). Hasil yang peneliti peroleh menjelaskan bahwasanya (1) Model pembelajaran daring terhadap respon siswa dalam mata pelajaran Qur'an Hadis di MA Nurul Ilmi Jepara yaitu pembeljaran daring dengan mempergunakan model pembelajaran daring visual. (2) Kendala penerapan pembelajaran daring terhadap respon siswa dalam mata pelajaran Qur'an Hadis di MA Nurul Ilmi Jepara yaitu sarana prasarana yang kurang mendukung, sinyal yang tidak mendukung, belum mampu memahami materi yang dijelaskan pada pembelajaran online. Adapun kendala yang dialami guru yaitu, sulitnya mengontrol siswa, dan sulitnya berkomunikasi karena susah jaringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Mata Pelajaran Qur’an Hadits, Respon Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Oct 2022 01:53
Last Modified: 17 Oct 2022 01:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7559

Actions (login required)

View Item View Item