Analisis Pesan Dakwah Komedi melalui Media Instagram pada 9 Postingan Akun @Nunuzoo Tahun 2020 sebagai Komunikasi Persuasif

Jannah, Mu'alifatul (2022) Analisis Pesan Dakwah Komedi melalui Media Instagram pada 9 Postingan Akun @Nunuzoo Tahun 2020 sebagai Komunikasi Persuasif. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (600kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang dakwah komedi kelalui media Instagram pada akun @Nunuzoo sebagai komunikasi persuasif pada followers, antara lain: (1) isi postingan akun @Nunuzoo tentang dakwah komedi melalui media Instagram sebagai komunikasi persuasif pada followers. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (Content Analisys) Philip Mayring dengan pendekatan deskriptif. Dimana rumusan masalah bisa dijawab dengan mempelajari gambaran isi, karakteristik pesan, dan perkembangan dari isi media. Dalam hal ini media sebagai objek penelitian adalah video pada akun media sosial Instagram @nunuzoo. Dari 9 video tersebut terdapat pesan dakwah akhlak, akidah, dan syariah. Pesan akhlak terdapat pada video 1, 3, 4, 5, dan 8. Pesan akidah terdapat pada video 2. Dan pesan syariah terdapat pada video 6, 7, dan 9. Dalam penyampaiannya pesan tua tersebut dibalut dengan unsur komedi. Walaupun tidak semua video tersebut terdapat unsur komedinya. Dengan adanya unsur komedi tersebut diharapkan pesan dakwah yang disampaikan mudah diterima oleh netizen. Penerapan metode komunikasi persuasif pada video akun media sosial Instagram @nunuzoo menggunakan metode komunikasi persuasif asosiasi, pay-off idea, dan fear-arrousing dimana penerapan metode komunikasi persuasif pada setiap video berbeda. Meskipun berbeda dalam penerapa metode komunikasi persuasif, semua video mempunyai tujuan yang sama yaitu menyampaikan pesan dakwah dengan mengajak mesyarakat atau netizen untuk melakukan kebaikan dan meninggalkan keburukan sehingga dapat mendatangkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Komedi, Instagram, Komunikasi Persuasif.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:09
Last Modified: 21 Oct 2022 07:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7603

Actions (login required)

View Item View Item