Pengaruh Kebiasaan Membaca Al-Qur’an Tehadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTs Al-Islam Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022

Annabila, Muhammad Ziyad (2022) Pengaruh Kebiasaan Membaca Al-Qur’an Tehadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTs Al-Islam Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Absrak.pdf

Download (718kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (487kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (686kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (908kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (589kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (772kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (477kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adakah pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa MTs Al Islam Jepara tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling secara Non Probability Sampling. Adapaun cara menentukan ukuran sampel menggunkan rumus Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji analisis deskriptif dan uji analisis asosiatif dengan menggunakan analisis linear sederhana, koefisien determinasi, dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Al-Islam Jepara tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari nilai persamaan regresi 38,523 + 0,243 X, nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.339 yang termasuk dalam kategori rendah. Dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 11,5% yang artinya kebiasaan membaca Al-Qur’an memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Al-Islam Jepara tahun pelajaran 2021/2022 sebesar 11,5%. Dan dipeorleh t hitung lebih besar dari t table (2,334 > 2,018) dan nilai signifikansi sebesar 0,024 yang berarti kurang dari 0,05 (0,024 < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca Al-Qur’an, Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:57
Last Modified: 03 Nov 2022 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7647

Actions (login required)

View Item View Item