Liuza, Mumtaz (2022) Upaya Guru Pai Dalam Menghadapi Dampak Penggunaan Gadget Pada Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Tsanawiyyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (466kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (380kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (615kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (634kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (419kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (724kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (386kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perkembangan gadget selama masa pandemi covid-19, (2) Dampak penggunaan gadget pada siswa selama masa pandemi covid-19, (3) Upaya guru PAI dalam menghadapi dampak penggunaan gadget pada siswa selama masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mana dalam hal ini peneliti menggali informasi secara langsung di Madrasah Tsanawiyyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun dalam pengambilan sampling informan menggunakan non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 10 orang yang terdri dari kepala madrasah, wakil kepala sekolah, guru dari rumpun mata pelajaran PAI, siswa kelas 7,8, dan 9, dan orang tua siswa. Mengenai dalam teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara semi struktur serta dokumentasi secara langsung serta diperoleh gambaran terkait upaya guru PAI dalam menghadapi dampak penggunaan gadget pada siswa selama masa pandemi covid-19 dilakukan uji keabsahan data, triangulasi, menginterpretasikan ke dalam bentuk karya tulis. Sedangkan teknik analisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa : (1) Perkembangan gadget di masa pandemi covid-19 penggunaan gadget mengalami perkembangan hingga 90% selama pembelajaran online berlangsung. (2) Penggunaan media gadget memiliki dampak positif dan dampak negatif. Adapun dampak positifnya yaitu, munculnya metode pembelajaran yang baru, siswa dapat mencari materi tambahan di internet, siswa lebih terjaga pergaulannya karena pembelajaran online dilaksanakan dari rumah, siswa dapat berkomunikasi dengan temannya meskipun pembelajaran online ditengah pandemi. Sedangkan dampak negatif dari penggunaan gadget yaitu, menimbulkan rasa malas pada siswa, guru kesulitan dalam menilai perkembangan siswa, memungkinkan siswa untuk tidak jujur, menimbulkan kecanduan, sulit fokus pada materi pelajaran, siswa menjadi kurang bersosialisasi, dan dapat mengganggu kesehatan fisik siswa. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam menghadapi dampak dari penggunaan gadget pada siswa adalah: guru dari rumpun mata pelajaran PAI membuat metode pembelajaran yang kreatif, guru memberikan tugas yang menarik, guru memberikan masukan dan hukuman bagi siswa yang melanggar peraturan, guru memberikan nasehat serta motivasi, adanya kerjasama yang baik antara guru, orang tua, serta siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru PAI, Gadget |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 07:06 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 07:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7661 |
Actions (login required)
View Item |