Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Dalam Bahasa Arab Pada Kelas V Di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus

Rahmaniyah, Alfiyatur (2022) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Dalam Bahasa Arab Pada Kelas V Di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (275kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat) dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Arab pada kelas V MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus, dan 2) untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat) dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Arab pada kelas V MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Subjek penelitian ini, kepala sekolah, guru bahasa Arab, siswa kelas 5, dan wali murid. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: pertama, analisis pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab (Mufradat) dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Arab pada siswa kelas V di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus dilaksanakan setiap hari kamis dengan metode pengaplikasian tiga tingkatan pembelajaran, meliputi mubtadi’ (tingkat dasar), mutawassit (tingkat menengah), dan mutaqoddim (tingkat lanjut) beserta setor hafalan.. kedua, faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran bahasa arab (Mufradat) di MI NU Miftahut Tholibin, meliputi: kesadaran siswa untuk belajar, peran orang tua, terdapat teman belajar, peran guru yang mendukung, serta terapat fasilitas sekolah berupa alat peraga. Sedangkan, faktor penghambat, meliputi: masih terdapat kenakalan siswa saat pembelajaran, kapasitas kemampuan setiap siswa yang berbeda-beda, peran guru yang kurang akan penguasaan media pembelajaran, serta fasilitas sekolah yang masih terbatas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Mufradat, Keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:27
Last Modified: 07 Nov 2022 04:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7667

Actions (login required)

View Item View Item