Upaya Guru BK dalam Memberikan Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Positive Reinforcement pada Peserta Didik Kelas XI di MAN Blora

Nisa, Jamilatun (2022) Upaya Guru BK dalam Memberikan Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Positive Reinforcement pada Peserta Didik Kelas XI di MAN Blora. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (500kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (430kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mengetahui motivasi belajar peserta didik, mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok melalui positive reinforcement untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas XI MAN Blora melalui bimbingan kelompok dengan positive reinforcement. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara (guru BK dan peserta didik) dan dokumentasi. Penelitian ini dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari analisis data yang diperoleh: Pertama, hasil penelitian menunjukkan gambaran dari motivasi belajar peserta didik. Kedua, deskripsi upaya yang dilakukan guru BK menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok dengan positive reinforcement adalah melakukan need asessment, pemberian layanan bimbingan kelompok dan memberikan reward. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dari upaya menumbuhkan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok melalui positive reinforcement. Faktor pendukung adanya kesadaran peserta didik, sarana dan prasarana yang menunjang, guru BK yang kompeten, dukungan dari kepala madrasah dan wali kelas. Faktor penghambat kurangnya pemahaman peserta didik tentang motivasi belajar, kurangnya jam pelajaran dalam pelaksanaan bimbingann kelompok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Positive Reinforcement
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Nov 2022 04:14
Last Modified: 08 Nov 2022 04:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7677

Actions (login required)

View Item View Item