Pengaplikasian Konseling Realitas dengan Surat Al Isra’: 70 terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas X MA Muhammadiyah Kudus

Nurjannah, Siti (2022) Pengaplikasian Konseling Realitas dengan Surat Al Isra’: 70 terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas X MA Muhammadiyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (374kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (641kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (403kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (250kB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakansikap pada diri seseorang yang mampu menerima kenyataan, berpikir positif dan memunyai kemampuan untuk segala yang diinginkan. Selain itu,kepercayaan diri merupakan aspek kepribadian manusia yang berfungsi penting untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Tanpa adanya kepercayaan diri maka masalah yang timbul pada diri seseorang akan semakin banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaplikasian konseling realitas dengan surat Al Isra‟: 70 terhadap tingkat kepercayaan diri peserta didik kelas X MA Muhammadiyah Kudus. Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan eksperimen one grup pretetst dan posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala likert dengan menyebarkan angket kepada peserta didik kelas X MA Muhammadiyah Kudus.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 3 peserta didik yang memiliki kepercayaan diri rendah. Analisis data penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon signed rank. Hasil Uji Wilcoxon dari pengaplikasian konseling realitas dengan surat Al Isra‟: 70 terhadap tingkat kepercayaan diri peserta didik ditandai dengan nilai Zhitung 1.604, kemudian dibandingkan dengan Ztabel 0,05 = 0,0495, maka Zhitung > Ztabel (1.604 > 0,0495), nilai asympotik sig (2-tailed) untuk uji dua arah sebesar 109 karena sig > 0,05, ini menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terjadi peningkatan terhadap kepercayaan diri peserta didik yang rendah setelah diberikan pengaplikasian konseling realitas dengan surat Al Isra‟: 70. Kesimpulan penelitian menunjukkan konseling realitas dengan surat Al Isra‟: 70 tidak dapat meningkatkan kepercayaan diri yang rendah pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konseling Realitas, Surat Al Isra’: 70, Kepercayaan Diri
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:53
Last Modified: 01 Dec 2022 01:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7752

Actions (login required)

View Item View Item