Rojauna, Rohmah Zulva (2022) Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di MI Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (557kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (688kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (566kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (487kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (349kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di MI Miftahul Huda 01 KarangmalangGebog Kudus. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Ada tiga teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Pengambilan sample menggunakan purposive yaitu atas dasar pertimbangan dari subjek penelitian. Penulis disini berperan sebagai pengamat dalam observasi. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan berbagai teknik pengumpulan data, yaitu dari banyak data yang terkumpul dari catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dikelompokkan dan diorganisasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah yang dirumuskan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di MI Miftahul Huda 01 Karangmalang masih kurang maksimal. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru dan peserta didik hanya menggunakan aplikasi Whatsapp dan Zoom. Guru kurang optimal dalam memanfaatkan teknologi infomasi dan komunikasi seperti aplikasi pembelajaran dan platform yang dapat menunjang pembelajaran daring.Selain itu dalam pelaksanaannya kesiapan siswa dalam pembelajaran daring masih belum baik.Hal ini dikarenakan kesibukan wali murid yang harus bekerja sehingga tidak dapat mendampingi siswa secara penuh dalam pembelajaran daring.Kelebihan pembelajaran daring yaitu proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, guru dan siswa memiliki sumber belajar yang sangat luas, menumbuhkan rasa mandiri dan kesadaran siswa untuk belajar, serta menambah variasi dalam belajar. Sedangkan kekurangan pembelajaran daring ini yaitu tidak semua peserta didik dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru melalui daring.Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini yaitu tidak stabilnya jaringan internet, biaya kuota internet siswa, antusias siswa yang kurang serta guru tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Pandemi Covid 19. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 01:56 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 01:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7753 |
Actions (login required)
View Item |