Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah

Wahdah, Asyrifah Zaini (2022) Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER S.D PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (490kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (555kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (525kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (654kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika pada salah satu madrasah tsanawiyah di Pati Jawa Tengah, menjelaskan prestasi belajar matematika siswa kelas VII masih kurang maksimal. Rendahnya prestasi belajar matematika siswa disebabkan oleh kecerdasan emosional siswa yang cenderung rendah dan kurang optimalnya dukungan yang didapatkan siswa baik dari orang tua, guru, dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya kontribusi dari kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII madrasah tsanawiyah. 2) Untuk mengetahui adanya kontribusi dari dukungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII madrasah tsanawiyah. 3) Untuk mengetahui adanya kontribusi bersama-sama antara kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII madrasah tsanawiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Jumlah sampel penelitian sebanyak 99 siswa kelas VII diperoleh dari rumus Slovin dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas, serta uji hipotesis yang meliputi uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat kontribusi yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal tersebut terlihat pada nilai t_hitung<t_tabel (1,401<1,985) dan nilai signifikansi 0,164>0,05. (2) Terdapat kontribusi yang signifikan antara dukungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal tersebut terlihat pada nilai t_hitung>t_tabel (2,455>1,985) dan nilai signifikansi 0,016<0,05. (3) kecerdasan emosional dan dukungan sosial berkontribusi secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 6,9%. Hal tersebut terlihat pada nilai f_hitung>f_tabel (3,375>3,091) dan nilai signifikansi 0,032<0,05. Adanya kontribusi kecerdasan emosional dan dukungan sosial dengan prestasi belajar matematika siswa ini merupakan sumber informasi yang berguna bagi siswa, guru, dan pihak sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosinonal, Dukungan Sosial, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Dec 2022 07:44
Last Modified: 02 Dec 2022 07:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7775

Actions (login required)

View Item View Item