Analisis Kemampuan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bilangan pecahan pada siswa kelas IV DI MI NU Imaduddin hadiwarno mejobo kudus tahun pelajaran 2020/2021

Maftuchah, Ista Evia (2022) Analisis Kemampuan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bilangan pecahan pada siswa kelas IV DI MI NU Imaduddin hadiwarno mejobo kudus tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (706kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (541kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (465kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (341kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research) Pendekatan Kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengertian bilangan pecahan dan macam-macam materi bilangan pecahan, (2) mengetahui kamampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan pecahan (3) mengetahui strategi siswa dalam menyelesaikan cerita materi bilangan pecahan. Subyek penelitian ini ada 6 yaitu terdiri dari 5 siswa dan 1 guru kelas IV B. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data meliputi uji kreadibilitas yang terdiri dari perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengandakan membercheck. Data yang sudah terkumpul di analisis dan teknik analisis data terdiri dari data collection, data reduction, dan data display dan verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) siswa masih bingung menyebutkan pengertian bilangan pecahan, macam-macam materi bilangan pecahan sendiri meliputi: bilangan pecahan biasa, bilangan pecahan campuran, pecahan desimal, dan persen. 2) kemampuan siswa MI NU Imaduddin Hadiwarno mejobo kudus dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan pecahan mempunyai 3 tingkatan, yaitu kemampuan berfikir tinggi, kemampuan berfikir sedang, dan kemampuan berfikir rendah. 3) strategi dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan pecahan, siswa lebih mudah memahami bilangan pecahan melalui alat atau media kertas lipat dari pada metode ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bilangan pecahan, kemampuan siswa, strategi.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:19
Last Modified: 08 Dec 2022 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7789

Actions (login required)

View Item View Item