Implemntasi Media Audio Visual Gerak Pada Pelajaran Sejarah Kelas X MA Tarbiyatul Mubtadi’in Wilalung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak

Alfiyani, Ika Shoffiya (2022) Implemntasi Media Audio Visual Gerak Pada Pelajaran Sejarah Kelas X MA Tarbiyatul Mubtadi’in Wilalung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (780kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (396kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (254kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (454kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) untuk menganalisis problematika implementasi media audio visual gerak pada pelajaran Sejarah kelas X MA Tarbiyatul Mubtadi’in Wilalung. 2) untuk mendeskripsikan implementasi media audio visual gerak pada pelajaran Sejarah kelas X MA Tarbiyatul Mubtadi’in Wilalung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan,yaitu peneliti datang langsung ke lokasi penelitian di MA Tarbiyatul Mubtadi’in Wilalung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu Kepala sekolah, Wakakesiswaan, guru IPS, dan tujuh siswa siswi kelas X MA Tarbiyatul Mubtadi’in Wilalung. Dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan bahan referensi. Selanjutnya data di analisis dengan memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Problematika implementasi media audio visual gerak yaitu sarana dan prasarana yang fasilitasnya kurang maksimal. Kondisi siswa tidak memperhatikan karena terpengaruh oleh teman. Kondisi guru yang kurang mahir dalam Ilmu Teknologi. 2) Implementasi media audio visual gerak pada pelajaran Sejarah menggunakan media ceramah, sehingga siswa merasa bosan dan mengantuk. Dengan diterapkannya media audio visual gerak diharapkan dapat menghilangkan rasa bosan dan dapat meningkatkan semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran Sejarah di kelas. Serta dapat membuat siswa lebih aktif dan mudah memahami materi yang diberikan. Implementasi media audio visual gerak memerlukan persiapan meliputi penyusunan RPP yang sesuai dengan materi dan media, mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan seperti LCD, buku pegangan, video yang akan digunakan untuk pembelajaran, dan laptop

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual Gerak, Pelajaran Sejarah, Problematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2022 01:54
Last Modified: 09 Dec 2022 01:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7807

Actions (login required)

View Item View Item