Penerapan Media Pembelajaran Diorama untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI NU Nurul Haq Kudus

Rizqiya, Haniam Maria (2022) Penerapan Media Pembelajaran Diorama untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI NU Nurul Haq Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (965kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (538kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (365kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya tingkat konsentrasi siswa, tidak adanya dorongan untuk belajar karena siswa yang hyper aktif, kurangnya kreativitas guru ketika proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Ilmu Pengetahuan Sosial sebagian besar berisikan narasi semata akibatnya apabila guru menggunakan metode ceramah membuat siswa cepat bosan dan proses pembelajaran menjadi pasif. Oleh karena itu, guru melakukan inovasi dengan menerapkan media diorama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan keadaan sebelum dan sesudah penerapan media diorama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV, (2) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan media diorama, (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan media diorama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV, dan (4) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penerapan media pembelajaran diorama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di MI NU Nurul Haq Kudus. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian lapangan (field research). Kemudian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi partisipatoris (partisipatory action research). Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Subyek pada penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas, dan siswa kelas IV A di MI NU Nurul Haq Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman, yakni uji kredibilitas, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa : 1) penerapan media diorama yang dilakukan pendidik menunjukkan dampak positif kepada siswa. Siswa kelas IV A antusias memperhatikan media diorama yang disajikan guru di depan kelas. Akhirnya siswa mengalami perubahan pada belajarnya yang mengalami peningkatan. 2) Motivasi belajar siswa setelah diterapkan media diorama mengalami perubahan, siswa terlihat aktif dan memiliki antusiasme tinggi dalam belajar. Indikator motivasi siswa telah terpenuhi semua sehingga siswa mengalami perubahan dorongan internal maupun eksternal. 3) Faktor pendukung dari penerapan media dioraman adalah siswa aktif di kelas, adanya reward, dan lingkungan kondusif. Faktor penghambatnya adalah pemahaman siswa berbeda-beda, orang tua tidak memperhatikan anak dalam belajar, dan pengaruh teman. 4) Kelebihan penerapan media diorama ini adalah dapat digunakan secara berulang-ulang, bahan mudah diperoleh, dan menggambarkan keadaan sebenarnya. Kelemahannya adalah pembuatan media membutuhkan waktu, membutuhkan ruang yang cukup besar, dan berhati-hati dalam membawa media tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Motivasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2022 01:57
Last Modified: 09 Dec 2022 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7809

Actions (login required)

View Item View Item