Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatik Auditori Visual Intelektual) Berbantuan Praktikum Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Tarbiyatul Mubtadiin Pada Materi Daur Ulang Limbah

Choiriyah, Siti Zahrotul (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatik Auditori Visual Intelektual) Berbantuan Praktikum Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Tarbiyatul Mubtadiin Pada Materi Daur Ulang Limbah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (584kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (672kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (618kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran SAVI (somatik auditori visual intelektual) berbantuan praktikum terhadap motivasi belajar siswa kelas X MA Tarbiyatul Mubtadiin pada materi daur ulang limbah, untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X MA Tarbiyatul Mubtadiin pada materi daur ulang limbah, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (somatik auditori visual intelektual) berbantuan praktikum terhadap motivasi belajar siswa kelas X MA Tarbiyatul Mubtadiin pada materi daur ulang limbah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling (sampling berdasarkan tujuan). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA2 dan X MIA3 MA Tarbiyatul Mubtadiin yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan praktikum terlaksana dengan sangat baik. Hal tersebut sesuai dengan hasil observasi yang menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran SAVI berbantuan praktikum mendapatkan rata-rata 90,6% dan termasuk sangat baik. Motivasi belajar siswa kelas X MA Tarbiyatul Mubtadiin pada materi daur ulang limbah kelas eksperimen mencapai rata-rata 68,4 dan termasuk dalam kategori baik sedangkan kelas kontrol mancapai rata-rata 62,3 dan termasuk dalam kategori cukup. Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (somatik auditori visual intelektual) berbantuan praktikum terhadap motivasi belajar siswa kelas X MA Tarbiyatul Mubtadiin pada materi daur ulang limbah. Hal tersebut berdasarkan hasil uji mann whitney yang mendapatkan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI, Praktikum, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:50
Last Modified: 14 Dec 2022 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7917

Actions (login required)

View Item View Item