Penggunaan Metode Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Nilai Mata Pelajaran IPS Berbasis Portofolio Di Kelas VIII MTs Darul Hikam Undaan Kudus

Rohmah, Siti (2022) Penggunaan Metode Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Nilai Mata Pelajaran IPS Berbasis Portofolio Di Kelas VIII MTs Darul Hikam Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (526kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (438kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

berfikir kritis berarti proses berfikir kompleks secara logis dengan tujuan mengambil keputusan yang rasional melalui proses ilmiah yang sistematis antara analisis masalah, sistematis, identifikasi, resolusi, kesimpulan, dan evaluasi. Penilaian Portofolio (portofolio based assessment) adalah hasil pertumbuhan dan perkembangan wawasan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik yang bersumber dari catatan dan dokumentasi pengalaman belajar peserta didik yang diperoleh secara berskala dan berkesinambungan. Penilaian ini telah dilaksanakan pada penugasan pembelajaran IPS di Kelas VIII MTs Darul Hikam Undaan Kudus sebagai upaya pendidik meningkatkan nilai belajar IPS. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui perencanaan pendidik dalam penggunaan model penilaian portofolio sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas VIII MTs Darul Hikam Undaan Kudus. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan penilaian portofolio oleh pendidik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajar IPS di kelas VIII MTs Darul Hikam Undaan Kudus, 3) Untuk mengetahui kelebihan model penilaian portofolio daripada model penilaian belajar lainnya dalam mencapai indikator kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian kualitatif, subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah sekolah MTs Darul Hikam Undaan Kudus, Pendidik Mata Pelajaran IPS kelas VIII MTs Darul Hikam Undaan Kudus dan Peserta Didik Kelas VIII MTs Darul Hikam Undaan Kudus. Adapun dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode berpikir kritis dalam meningkatkan nilai IPS berbasis portofolio di kelas VIII MTs Darul Hikam Undaan Kudus menunjukkan keberhasilan sehingga peserta didik dapat mengembangkan potensi diri dalam memahami materi yang diajarkan pada kegiatan belajar mengajar. Indikator berpikir kritis (memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lebih lanjut, dan strategi dan teknik) telah tertanam pada diri peserta didik. Ini menunjukkan keberhasilan penilaian portofolio sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Portofolio, Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Mata Pelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:48
Last Modified: 29 Dec 2022 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item View Item