Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Inklusi Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati

Kholiq, Abdul (2022) Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Inklusi Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (910kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (906kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (443kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)

Abstract

Karya ilmiah mahasiswa pasca sarjana Institud Agama Islam Negeri Kudus. Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati merupakan satu-satunya madrasah di kecamatan Batangan yang menyelenggarakan model pendidikan inklusi, model kelas inklusi adalah penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang mengakomodir kebutuhan siswa reguler dan siswa dengan kebutuhan khusus. Dari latar belakang diatas makan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: )1) mengetahui bagaimanakah pelaksanaan Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Inklusi Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati, )2) untuk engetahui apa faktor-faktor pendukung dan penghambat Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Inklusi Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data tersebut diperoleh menggunakan teknik observasi lapangan pada manajemen pelayanan bimbingan dan konseling, wawancara pada kepala madrasah, guru bimbingan konseling, guru pendamping khusus, waka kesiswaan, waka kurikulum, waka humas, waka sapras, keamanan madrasah, guru mata pelajaran, siswa siswi, wali murid dan alumni madrasah. Selain data primer tersebut peneliti juga menggunakan data skunder meliputi dokumentasi kesiswaan, dokumentasi layanan bimbingan dan konseling, dan foto-foto kegiatan, semua data di analisis menggunakan reduksi data, hal-hal pokok yang berkaitan dengan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling, model pendekatan dan metode yang digunakan dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling, kemudian verivication sebagai penarikan kesimpulan dari analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling meliputi perencanaan, perencanaan layanan harian perencanaan layanan bulanan, perencanaan layanan persemester dan perencanaan layanan tahunan dan perencanaan bimbingan individu dan bimbingan kelompok, pengorganisasian meliputi, adanaya struktur organisasi layanan bimbingan dan konseling, dan pembagian tugas layanan bimbingan dan konseling, actuating meliputi tindakan prefentif, tindakan kuratif dan tindakan represif, dan evaluasi yang meliputi evaluasi bulanan, evaluasi persemester, evaluasi tahunan dan supervisi, (2) faktor-faktor pendukung yaitu peran aktif yayasan, kepemimpinan kepala madrasah, aksi cepat tanggap guru bimbingan konseling. Keharmonisan hubungan antara wali kelas dengan siswa dan komunikasi anatara konselor dan stakeholder yang terkait, sedangkan faktor penghambat yaitu, pandemi virus corona, kurangnya respon orang tua, keterbatasan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling, Madrasah Inklusi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:58
Last Modified: 02 Jan 2023 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8113

Actions (login required)

View Item View Item