Pengembangan Instrumen Evaluasi Tipe PISA Berkarakteristik Etnomatematika Budaya Islam Lokal Kudus

Wulandari, Mulyani Putri (2022) Pengembangan Instrumen Evaluasi Tipe PISA Berkarakteristik Etnomatematika Budaya Islam Lokal Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (767kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (819kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (381kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan instrumen evaluasi tipe PISA berkarakteristik etnomatematika budaya Islam lokal Kudus. Instrumen evaluasi pembelajaran matematika tipe PISA berkarakteristik etnomatematika budaya Islam lokal Kudus akan lebih layak apabila digunakan pada saat evaluasi pembelajaran. Dengan menggunakan instrumen tipe PISA yang dikaitkan dengan budaya Islam Kudus, maka peserta didik tidak hanya mempelajari materi matematika, akan tetapi mengenai kebudayaan Islam yang ada di Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini adalah berupa produk instrumen evaluasi tipe PISA berkarakteristik etnomatematika budaya Islam lokal Kudus pada materi matematika kelas VII (himpunan, garis dan sudut, segiempat dan segitiga), dan pada hasil uji kelayakan produk memperoleh nilai CVR yang sama yaitu 1, karena semua validator memberikan nilai esensial (E) pada setiap instrumen, mulai dari instrumen pada materi himpunan, garis dan sudut, segiempat dan segitiga. Sehingga hasil yang diperoleh menyatakan bahwa instrumen valid, dan dalam kesimpulan catatan setiap validator menyatakan bahwa instrumen layak digunakan tanpa revisi. Setelah dinyatakan layak tanpa revisi, kemudian dilakukan uji coba kecil dan besar menggunakan 4 uji kelayakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Dengan adanya hasil perhitungan uji coba kecil dan besar menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, menunjukkan hasil yang sama-sama valid dan reliabel, karena instrumen yang valid dan reliabel merupakan syarat mutlak untuk memperoleh hasil penelitian yang valid dan reliabel. Sehingga dapat dikategorikan layak dan dapat digunakan dalam evaluasi pembelajaran matematika kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, PISA, Etnomatematika, Budaya Islam Lokal Kudus
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:29
Last Modified: 24 Jan 2023 03:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8171

Actions (login required)

View Item View Item