Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Di MI NU Nahdlatus Shibyan Undaan Kudus

Liddziddiana, Wisma (2022) Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Di MI NU Nahdlatus Shibyan Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (612kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (576kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Big Book terhadap keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III di MI NU Nahdlatus Shibyan Undaan Kudus Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta menerapkan design pretest-posttest one group design. Teknik pengambilan data yang diterapkan dalam penelitian ini untuk mendukung keputusan akhir yaitu dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa dan sampel dari penelitian ini menerapkan non probably sampling dengan teknik sampel jenuh yaitu sebanyak 22 siswa. Analisis hipotesis dalam penelitian ini menerapkan analisis regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui hasil akhir dalam penelitian ini adalah tes analisis penelitian dengan menggunakan bantuan SPSS dan excel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pembelajaran penggunaan media Big Book pada nilai rata – rata pre test 49,6 yang menunjukkan kemampuan awal siswa. Kemudian setelah diberi perlakuan dengan menggunakan media Big Book nilai rata – rata Post Test menjadi 76,05. Setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan media Big Book ada peningkatan nilai rata – rata keterampilan membaca sebanyak 26,45. Selain itu hasil perhitungan uji hipotesis Kriteria pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji F berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, maka diketahui Fhitung > Ftabel yaitu 12,98 > 3,49 maka Ho ditolak, sehingga H1 diterima. Penggunaan Media Big book berpengaruh terhadap Keterampilan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada siswa kelas III di MI NU Nahdlatus Shibyan Undaan Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Big Book, Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:13
Last Modified: 30 Jan 2023 03:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8196

Actions (login required)

View Item View Item