Studi Komparasi Penggunaan Model Problem Based Instruction Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Mts Miftahul Ulum Weding Bonang Demak Pokok Bahasan Perubahan Sosial Budaya Dalam Masyarakat Tahun Pelajaran 2021/2022

ATIKOH, ATIKOH (2022) Studi Komparasi Penggunaan Model Problem Based Instruction Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Mts Miftahul Ulum Weding Bonang Demak Pokok Bahasan Perubahan Sosial Budaya Dalam Masyarakat Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (847kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (646kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (330kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar IPS siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based instruction (2) mengetahui hasil belajar IPS siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning (3) mengetahui perbedaan hasil ibelajar iIPS antara siswa iyang memperoleh pembelajaran menggunakan imodel problem based instruction idan model idiscovery learning pada pokok bahasan perubahan sosial budaya pada masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Miftahul Ulum Weding yang berjumlah 5 kelas. Tehnik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dengan diambil 2 kelas eksperimen yaitu kelas IX-A sebagai kelas eksperimen 1 diterapkan model problem based instruction dan kelas IX-B sebagai kelas eksperimen 2 diterapkan model pembelajaran discovery learning. Berdasarkan hasil analisis data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 33,31 dan kelas eksperimen 2 sebesar 29,81. Hasil uji homogenitas nilai kedua kelas diperoleh x2hitung = 3,16 dan x2tabel = 3,84 pada taraf signifikan α = 0,05 yang dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretest siswa dari kedua kelas. Artinya siswa pada kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya siswa pada kelas eksperimen 1 diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based instruction dan siswa pada kelas eksperimen 2 diberikan model pembelajaran discovery learning. Setelah pembelajaran diberikan, kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Siswa pada kelas eksperimen 1 memperoleh nilai rata-rata 76,5 dan untuk kelas eksperimen 2 memperoleh nilai rata-rata 64,96. Pengujian hipotesis uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 7,98 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka hipotesis Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based instruction dengan yang menggunakan model pembelajaran discovery learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem based instruction, discovery learning, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:05
Last Modified: 30 Jan 2023 07:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8208

Actions (login required)

View Item View Item