Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII MTs Islamic Centre

Royani, Ana Yatimatur (2022) Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII MTs Islamic Centre. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (651kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (704kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (530kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis penerapan metode Outdoor Study pada materi ekosistem kelas VII di MTs Islamic Centre, 2) melihat pengaruh metode Outdoor Study terhadap hasil belajar siswa, 3) mengetahui apakah metode Outdoor Study lebih baik dari metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Exsperimental dalam bentuk penelitian Quasi Eksperimen Design the nonequivalent control group design. Objek penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t One Sample T-test dua arah untuk mengetahui pengaruh metode outdoor study pada kelas eksperimen dan uji N-Gain untuk uji perbandingan hasil belajar metode outdoor study dan metode konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji One Sample T-test diperoleh thitung 25.729 sehingga lebih besar dari ttabel 2.201 dan nilai sig. (2 –tailed) yaitu 0.000 < 0.05. berdasarkan dari 2 hasil tersebut maka metode outdoor study berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dan berdasarkan uji N-Gain diperoleh bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen (Metode Outdoor Study) adalah sebesar 76,9410 atau 76,94% termasuk dalam kategori efektif, sedangkan rata-rata N-Gain score untuk kelas control (Metode Konvensional ceramah) adalah sebesar 60,5605 atau 60,1% termasuk dalam kategori cukup efektif. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Outdoor Study lebih baik dari metode konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas VII MTs Islamic Centre.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Study, hasil belajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:54
Last Modified: 30 Jan 2023 07:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8213

Actions (login required)

View Item View Item