Penggunaan Multimedia untuk Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas VIII MTs Matholi’ul Falah Sumanding

Urnila, Yaya (2022) Penggunaan Multimedia untuk Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas VIII MTs Matholi’ul Falah Sumanding. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (152kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (210kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) menggambarkan bagaimana penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPS yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPS untuk keaktifan siswa. (3) mengetahui manfaat dari penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPS untuk keaktifan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data peneliti yaitu sumber data primer dan data sekunder. Adapun informan dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, dan beberapa siswa kelas VIII MTs Matholi’ul Falah Sumanding. Metode pengumpulan data bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan cara perpanjangan keikutsertaan, bahan refrensi, dan trianggulasi data. Kemudian teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari prnrlitian yaitu bahwa Penggunaan multimedia untuk meningkatkan keaktifan siswa dalampembelajaran IPS kelas VIII MTs Matholi’ul Falah Sumanding Jepara dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi .(2)Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPS di MTs Matholi’ul Falah Sumanding Jepara. Faktor pendukung dari faktor internal terdiri dari intelegensi peserta didik dan motivasi belajar peserta didik. Faktor ekstenal terdiri dari guru yang profesional, sarana prasarana yang memadai, dan materi pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambat meliputi faktor internal terdiri dari rasa percaya diri yang rendah, sifat yang malas, dan peserta didik yang kurang aktif dikelas. Faktor eksternal terdiri dari kondisi kelas yang ramai dan kerusakan sarana prasarana. Alternatif mengatasi masalah di atas yaitu pertama, dalam pembelajaran guru dapat menggunakan media, model, dan metode yang sesuai. Kedua, merawat sarana dan prasarana di sekolah secara berkala. Ketiga, menggunakan fasilitas sekolah sebaik mungkin. Keempat, jika ada fasilitas yang rusak segera diperbaiki. (3)Hasil Penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPS di MTs Matholi’ul Falah Sumanding Jepara dengan acuan indikator-indikator pembelajaran yaitu keaktifan peserta didik meningkat dilihat dari Visual activities, Oral activities, Listening activities, Writing activities, Drawing activities, Motor activities, Mental activities, dan Emotional activities. Peserta didik mampu (bertanya, berpendapat, dan mampu merespon) dengan baik, antusias dalam pembelajaran, termotivasi untuk belajar, kelas menjadi lebih kondusif, mampu menyelesaikan permasalahan dan peserta didik mampu menyelesaikan tugas dengan sebaik mungkin sehingga prestasi belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:02
Last Modified: 01 Feb 2023 02:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8229

Actions (login required)

View Item View Item