Safitri, Dian (2022) Penerapan Metode Modelling The Way dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas IV MI NU Tsamrotul Wathon Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (855kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (198kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (428kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (210kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (506kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (291kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (375kB) |
Abstract
Keterampilan membaca puisi harus dimiliki oleh siswa agar dapat membaca puisi dengan baik dan benar. Tanpa memiliki keterampilan membaca puisi, siswa akan kesulitan dalam mengeskpresikan isi puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan metode modelling the way dalam pembelajaran materi puisi di kelas IV MI NU Tsamrotul Wathon Gebog Kudus. Di samping itu, penelitian ini juga mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan metode modelling the way dalam pembelajaran materi puisi di kelas IV MI NU Tsamrotul Wathon Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data-data yang telah diperoleh akan dianalisis melalui tiga teknik yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan metode modelling the way dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat dengan cara guru menjelaskan materi dilanjutkan memberikan contoh membaca puisi dengan cara memodelkan isi teks puisi, kemudian siswa diminta untuk menirukannya. Hal ini berdampak pada peningkatan keterampilan siswa dalam membaca puisi terlihat dari siswa sudah mulai bisa mengekspresikan isi puisi, lebih percaya diri ketika membaca puisi, lebih mudah memahami materi membaca puisi, serta siswa lebih bersemangat dan antusias dalam pembelajaran membaca puisi. Kelebihan dalam penerapan metode modelling the way di kelas IV A MI NU Tsamrotul Wathon yaitu menambah pengetahuan dan pemahaman siswa, melatih siswa menyalurkan isi pikiran dan perasaannya, melatih kekompakan siswa, dan menjadikan siswa lebih kreatif. Sedangkan kekurangannya yaitu membutuhkan banyak waktu, siswa mudah bermain dengan teman lainnya ketika terlepas dari pantauan guru, dan kurangnya media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Modelling The Way, Keterampilan Membaca Puisi |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 02:04 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 02:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8230 |
Actions (login required)
View Item |