Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Pendidikan di SMP IT Assa'idiyah Kudus

HERDWIANTO, AGUNG (2022) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Pendidikan di SMP IT Assa'idiyah Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (849kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa keberadaan kepala sekolah pada sebuah lembaga pendidikan memiliki tanggungjawab untuk mampu mentransformasikan sumber daya insani dan non insani menjadi wujud nyata yang bermanfaat. Kemampuan melakukan transformasi dimiliki oleh kepala sekolah yang memiliki gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMP IT Assa’idiyah Kudus? ; (2) Bagaimana mutu pengelolaan pendidikan di SMP IT Assa’idiyah Kudus? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data induktif. Pengecekan keabsahan data dengan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa : (1) Kemampuan kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi tercermin dari perilaku kepala sekolah dalam penyusunan visi dan misi sekolah dengan diskusi bersama, pembuatan program pendidikan dengan berpedoman pada standar mutu pendidikan, mengedepankan keteladanan dan menggerakkan warga sekolah ; (2) Kemampuan kepala sekolah memberikan dorongan yang menginspirasi dapat diketahui dari perilaku kepala sekolah dalam menumbuhkan inspirasi melalui kisah-kisah inspiratif , pemberian contoh dalam menjalankan organisasi dan mendorong untuk meningkatkan kualitas kerja ; (3) Kemampuan kepala sekolah mengembangkan ide kreatif tercermin dari perilaku kepala sekolah dalam membudayakan penyelesaian masalah melalui musyawarah, menerima saran, kritik dan ide baru yang berguna bagi perkembangan sekolah, serta memberikan dukungan guru dan karyawan untuk mengembangkan produktivitas kerja melalui pembinaan yang disesuaikan dengan kebutuhan ; (4) Kemampuan kepala sekolah memberikan perhatian individu tercermin dari perilaku kepala sekolah dalam memberikan penghargaan bagi warga sekolah yang berprestasi, memberikan teguran secara lisan dan santun bagi warga sekolah yang melakukan kesalahan, membangun komunikasi dan menjalin silaturrahmi sebagai cara membangun ikatan emosional kepada seluruh warga sekolah ; (5) Mutu pengelolaan pendidikan di SMP IT Assa’idiyah Kudus tergolong baik dan bermutu terlihat dari lima ciri utama, yakni : teknologi, yaitu kekuatan atau daya tahan ; psikologis, yaitu citra rasa atau status; waktu, yaitu kehandalan; kontraktual, yaitu adanya jaminan; etika, yaitu sopan santun, ramah atau jujur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Mutu Pengelolaan Pendidikan.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:14
Last Modified: 02 Feb 2023 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8277

Actions (login required)

View Item View Item