Azizah, Nihayatul (2022) Penerapan Senam Sehat Gembira dalam Mengembangkan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini di Roudlotul Athfal (RA) Nahdlotul Ulama (NU) Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (455kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (319kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (217kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (359kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (75kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan senam sehat gembira dalam mengembangkan motorik kasar pada anak usia dini di RA NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan senam sehat gembira dalam mengembangkan motorik kasar pada anak usia dini di RA NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilatar belakangi karena lembaga pendidikan RA NU Miftahut Tholibin berada dibawah naungan organisasi kemasyarakatan yang salah satu tujuannya adalah mengembangkan anak melalui kemampuan motorik kasar. Hal ini diselipkan pada pembelajaran sehari-hari baik sebelum pembelajaran, saat pembelajaran maupun setelah pembelajaran. Sehingga lembaga ini berhasil menjadi lembaga RA Nu Miftahut Tholibin yang menjadi lembaga RA terpilih di wilayah Mejobo Kudus. Terbukti sekarang guru-guru yang ada di RA rata-rata lulusan dari lembaga pendidikan tersebut sehingga anak-anak yang lulus dari RA diminta langsung oleh lembaga-lembaga MI Nu Miftahut Tholibin untuk melanjutkan pendidikannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru, kepala madrasah, peserta didik RA NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Teknik analisis yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis sebelum di lapangan dan analisis data selama di lapangan meliputi data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Penerapan senam sehat gembira diawali dengan guru mencontohkan jalan di tempat sambil mengangkat kedua tangan, menghadap kekiri dan kanan, melangkah, memutar tangan, dan mendorong tangan kekiri serta kanan yang mana pada Gerakan senam sehat gembira lebih terfokus kepada Gerakan tangan dan kaki. Gerakan senam sehat gembira merupakan Gerakan yang meliputi keseluruhan anggota badan yaitu: kepala, tangan, badan, kaki, dan kefokusan dalam mengikuti Gerakan 2) Faktor pendukung dalam penerapan senam sehat gembira dalam mengembangkan motorik kasar pada anak usia dini di RA NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus adanya kerjasama antara guru, pengurus masjid, anak dan wali murid serta faktor media atau alat yang digunakan saat kegiatan berlangsung. Faktor penghambat diantaranya, kondisi anak atau mood anak, kurang maksimalnya media yang digunakan, tempat yang digunakan, dan suara yang bising.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Senam Sehat Gembira, Motorik kasar, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 02:30 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 02:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8298 |
Actions (login required)
View Item |