PENGARUH NILAI ASET TIDAK BERWUJUD DAN R&D TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2014

NOVIKA, IRA (2016) PENGARUH NILAI ASET TIDAK BERWUJUD DAN R&D TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2014. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nilai pasar perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Nilai pasar perusahaan dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti nilai aset tidak berwujud dan R&D. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris pengaruh nilai aset tidak berwujud dan R&D terhadap nilai pasar perusahaan, baik secara parsial maupun simultan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jumlah sampel adalah 50 perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia periode 2014. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS versi 22.0. Hasil penelitian secara parsial dengan uji T menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nilai aset tidak berwujud terhadap nilai pasar perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar daripada ttabel (33,160>2,0117) dan terdapat pengaruh R&D terhadap nilai pasar perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar daripada ttabel (3,060<2,0117). Sedangkan secara simultan dengan uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nilai aset tidak berwujud dan R&D terhadap nilai pasar perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel (549,901>3,23). Adapun koefisien determinasi menunjukkan bahwa variasi perubahan variabel nilai pasar perusahaan dipengaruhi oleh variabel nilai aset tidak berwujud dan R&D sebesar 96%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai Aset Tidak Berwujud; R&D; Nilai Pasar Perusahaan
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan
Divisions: Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2017 03:50
Last Modified: 18 Mar 2017 03:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item