Problematika Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Kelas XI Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus

Sofiin, Sofiin (2022) Problematika Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Kelas XI Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (784kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (676kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)

Abstract

Penelitian ini terkait kegiatan pembelajaran yang bertepaan dengan pandemi covid-19. Untuk mencegah penularan virus covid-19 pemerintah secara mendesak menutup pembelajaran didalam kelas. Dengan penutupan yang tiba-tiba mebuat pembelajaran beralih secara daring tetapi tidak mampu berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran daring yang ada di daring kelas Xl mata pelajaran akidah akhlak di MA Nu akidah akhlak di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. 2) Untuk mengetahui problematika apa saja yang muncul dalam pembelajaran daring yang ada di kelas XI Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. 3) Untuk mengetahui bagaimana solusi permasalahan pembelajaran daring yang ada di kelas XI Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dari kepala sekolah, guru akidah akhlak, siswa kelas XI dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan cara uji credibility, dependability, confimability. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dengan narasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak sesuai dengan secara daring menggunakan whatsApp mulai dari bagian pembukaan, inti dan penutup. 2) Problematika pembelajaran daring mata pelajaran akidah akhlak yang dialami oleh siswa kelas XI di MA NU Miftahul Ulum adalah rendahnya sikap disiplin mengikuti pembelajaran, Tidak memiliki Smartphone dan jaringan internet yang baik untuk menggikuti pembelajaran daring. Masalah yang dialami oleh guru adalah rendahnya kompetensi pedagogik dalam melaksanakan pembelajaran daring, Tidak memiliki kreatifitas pengembangan media pembelajaran daring 3) Solusi permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran akidah akhlak yang dialami oleh siswa kelas XI di MA NU Miftahul Ulum adalah memberikan motivasi kepada siswa oleh guru dan orang tua, memberikan siswa kuota tambahan untuk belajaran, Menghapus file file yang tidak terpakai didalam Smartphone, Bergabung bersama teman yang memiliki fasilitas lebih baik dalam pembelajaran daring. Solusi masalah yang dialami guru adalah sekolah mengadakan rapat tekait proses pembelajaran daring, Guru saling Sharing masalah dan solusi dalam pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:22
Last Modified: 08 Feb 2023 01:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8354

Actions (login required)

View Item View Item